Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Mengenal Berbagai Varian Sambal Paling Populer di Dunia

Wine & Dine17 November 2021

By Clara Enocensia

Mengenal Berbagai Varian Sambal Paling Populer di Dunia

Selain di Indonesia rupanya berbagai negara berikut ini, juga menyimpan aneka jenis sambal yang tak kalah pedas dan nikmat, mari simak ulasan berikut.


Sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai sambal sebagai cocolan atau pelengkap dalam setiap masakan. Rasanya yang pedas dapat membuat nafsu makan semakin bertambah. Ternyata selain Indonesia, terdapat beberapa negara yang juga memiliki sambal khasnya. Berikut beberapa sambal khas dari berbagai negara yang terkenal di dunia.

1. Salsa, Mexico

Salsa adalah saus pedas yang berasal dari Mexico. Saus ini terbuat dari campuran irisan tomat merah, bawang bombay, alpukat, dan paprika yang kemudian disiram dengan cuka dan merica hitam. Salsa biasanya dihidangkan bersama dengan kuliner khas Mexico, mulai dari tacos, nacos, hingga burritos.

2. Gochujang, Korea

Selain Kimchi, Korea terkenal dengan sambalnya yang bernama gochujang. Kondimen ini terbuat dari cabai, ketan, tauco, zat pemanis dan garam. Teksturnya kental seperti pasta dan memiliki rasa pedas, manis, dan asam karena melalui proses fermentasi. Anda dapat menyantap gochujang sebagai kondimen bersama dengan bibimbap, korean barbeque, dan makanan lainnya.

3. Sriracha, Thailand


Sambal ini berasal dari Thailand, tepatnya di kota pesisir bernama Si Racha yang sudah ada sejak tahun 1930-an. Di Asia Tenggara, Sriracha biasanya disajikan sebagai saus cocolan untuk makanan laut (seafood), atau sebagai topping untuk pho atau spring rolls. Namun, kondimen ini juga hadir pada berbagai sajian masakan Thailand lainnya.