Share
Mengenal Narcissistic Personality Disorder, Gangguan Kesehatan yang Tengah Ramai Diperbincangkan
Dewi Anggriani Siregar
05 April 2024

Akhir-akhir ini Anda tentu sudah sering mendengan istilah Narcissistic personality disorder (NPD).


Kerap menjadi perbincangan hangat di media sosial, gangguan kepribadian yang satu ini pun menjadi banyak dicari tau oleh publik. Lantas, apa sebenarnya Narcissistic personality disorder (NPD) itu?

Dikutip dari Siloam Hospital, Narcissistic personality disorder (NPD) atau gangguan kepribadian narsistik adalah salah satu jenis gangguan mental di mana pengidapnya menganggap dirinya lebih baik dan lebih penting daripada orang lain, sehingga orang lain harus mengagumi, mencintai, dan membanggakannya. Penderita gangguan mental ini kerap kali merasa bahwa dirinya selalu menjadi yang utama dalam segala hal.

NARSISTIK

Dilansir dari berbagai sumber, Narcissistic personality disorder (NPD) dapat terjadi akibat dipicu oleh beberapa faktor seperti faktor neurobiology, pola asuh orang tua, keturunan, pengalaman traumatis hingga karakteristik pribadi.

Umumnya, seseorang dengan NPD dikenal cukup sensitif terhadap segala bentuk kritikan, penolakan, dan kegagalan. Penderita NPD cenderung menghindari kondisi yang bisa membuatnya terlihat lebih rendah dari orang lain. Karena berhubungan erat dengan kepribadian seseorang, NPD juga dapat menjadi salah satu faktor penghalang terbesar untuk seseorang menjalin hubungan dengan sekitarnya. Jika Anda atau orang sekitar mengalami beberapa ciri atau tanda seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya sesegera mungkin untuk mencari bantuan ahli.