Share
Rayakan Inklusivitas dan Keberlanjutan, Olahraga adalah Hak Semua Semua Individu!
Putrika Annaya Salsabila
23 April 2024

Setelah sukses melaksanakan event pertamanya, tahun ini Garmin Run akan kembali untuk kedua kalinya dengan merayakan inklusivitas dan keberlanjutan.


Event lari tahunan yang dinantikan, Garmin Run, akan kembali digelar untuk yang kedua kalinya pada 29 September 2024 di ICE BSD, Tangerang. Dibuka untuk semua kalangan, event ini tidak hanya menawarkan nomor lari mulai dari 5K, 10K, hingga 21K, tetapi juga menyediakan Kids Dash untuk anak-anak.

Yang menarik dari Garmin Run 2024 adalah konsep temanya, "From Zero to Hero", yang tidak hanya mengutamakan prestasi, tetapi juga inklusivitas dan keberlanjutan.

“Garmin hadir sebagai partner setia bagi setiap pelari. Kami berkomitmen untuk mendukung perjalanan setiap atlet, dari pemula hingga yang sudah berpengalaman, dengan teknologi canggih yang memperkuat kinerja dan semangat mereka,” ungkap Sky Chen, Direktur Regional Garmin Southeast Asia.

Garmin Run 1

Salah satu inisiatif inklusif yang diusung oleh Garmin Run 2024 adalah penyelenggaraan kategori Wheelchair bagi pelari difabel. Langkah ini sejalan dengan komitmen Garmin untuk menyediakan aksesibilitas bagi semua individu, tanpa memandang latar belakang atau tingkat keahlian.

Tidak berhenti di situ, Garmin juga menyadari pentingnya menjaga keberlanjutan sehingga menjalin kolaborasi dengan Rekosistem sebagai mitra keberlanjutan. Rekosistem akan terlibat dalam setiap rangkaian kegiatan Garmin Run 2024 dengan menyediakan waste dropbox dan mengedukasi peserta untuk memilah sampah secara tepat. Rizky Satrio, VP Pengembangan Bisnis Rekosistem, menyambut baik kolaborasi ini dan berharap dapat memberikan inspirasi bagi penyelenggara acara lainnya.

Garmin Run 2

Johanna Caroline, atlet basket kursi roda dari Jakarta Swift, menyampaikan pandangannya tentang partisipasi difabel dalam event ini.

"Partisipasi difabel dalam Garmin Run 2024 adalah bukti bahwa olahraga adalah hak bagi semua individu, membuka peluang bagi setiap individu untuk mencapai keunggulan dan mendobrak batasan dalam olahraga,” jelasnya, “Perlombaan ini bukan hanya tentang meraih medali, namun juga tentang menciptakan peluang bagi semua orang untuk bersaing secara adil dan merayakan keberagaman.”

Selain itu, Garmin juga memperhatikan aspek harga tiket dengan membaginya ke dalam tiga fase, yaitu Flash Sale, Early Bird, dan Harga Normal. Fase pertama Flash Sale telah dibuka tanggal 22 April kemarin dengan harga khusus, diikuti oleh fase Early Bird selama enam hari, dan fase Harga Normal dimulai pada 29 April.

Garmin Run 3

Sebagai pelengkap, rangkaian acara sebelum Garmin Run 2024 juga akan diselenggarakan melalui Garmin Run Club (GRC) yang mencakup berbagai workshop dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelari.

Garmin Run 2024 tidak hanya menjadi ajang perlombaan, tetapi juga perayaan keberagaman dan keberlanjutan dalam olahraga lari. Dengan semangat inklusif dan berkelanjutan, event ini diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk aktif berpartisipasi dalam olahraga dan menjaga lingkungan sekitar.