Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

6 Tips Bangun Hubungan Baik Orang Tua dengan Anak Agar Selalu Harmonis

Relationship02 April 2022

By Shela Dhamayanti

6 Tips Bangun Hubungan Baik Orang Tua dengan Anak Agar Selalu Harmonis

Setiap orang tua ingin anaknya tumbuh menjadi kuat, percaya diri, dan berkarakter baik. Itu semua diyakini menjadi modal dasar anak-anak untuk menghadapi kehidupan ketika mereka dewasa nanti.


Keluarga adalah tempat utama untuk mencapai impian anak-anak di masa depan. Pendidikan orang tua terhadap anak memegang peranan penting di masa yang akan datang, termasuk dalam proses pertumbuhan, pembentukan kepribadian dan pendidikan anak.

Hubungan antara orang tua dan anak sebenarnya memiliki ikatan emosional yang erat. Dan untuk mempererat ikatan tersebut, berikut cara membangun hubungan baik antara orang tua dengan anak.

1. Menerima Emosi Anak

Saat anak merasa senang atau sedih, otomatis orang tua harus menyesuaikan moodnya. Oleh karena itu, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membantu dan menenangkan mereka. Kebiasaan ini juga akan membuat anak lebih terbuka karena selalu merasa didukung dalam kondisi apapun.

2. Menghabiskan Waktu Bersama

Menghabiskan waktu bersama adalah kunci terpenting dalam hubungan orang tua dengan anak. Kenangan bersama keluarga akan membangun kenangan yang dekat secara emosional dan menyenangkan bagi anak.

3. Menjadi Pendengar yang Baik

Seorang anak terkadang sering merasa ragu ketika harus menceritakan permasalahan mereka kepada orang tuanya. Dengan mendengarkan semua cerita anak sampai akhir tanpa menyela, akan membuat anak lebih terbuka, dan hubungan menjadi semakin dekat.

4. Liburan Bersama

Ambil sejenak waktu luang untuk bisa menghabiskan waktu bersama dengan anak tanpa memikirkan beban pekerjaan. Anda dapat mengajak anak Anda jalan-jalan untuk meningkatkan ikatan dengan anak. Liburan juga bermanfaat untuk membentuk perkembangan anak mengenal dunia luar.

5. Menjadi Teman baik

Orang tua juga dapat berperan menjadi sahabat bagi sang anak. Salah satu manfaat yang diperoleh yaitu anak cenderung dapat membantu untuk menyelesaikan masalah menjadi lebih efektif dan mandiri. Selain itu, anak-anak menjadi lebih terbuka dan percaya pada orang tua mereka dan mereka juga tidak sungkan untuk berbagi masalah mereka secara sukarela.

6. Sentuhan Kasih Sayang

Sentuhan fisik merupakan kunci eratnya hubungan antara orang tua dan anak. Gestur-gestur kecil seperti menyentuh kepala, mencium, dan memeluk sangat dibutuhkan oleh mereka.

BACA JUGA: Mengenal Quarter Life Crisis dan Cara Mengatasinya