Share
Telusuri Manfaat Rumput Laut, Makanan Laut Khas yang Lezat dan Bermanfaat
Hamidah Khansa Sabila
30 January 2023

Tak hanya rasanya yang khas, rumput laut memiliki berbagai manfaat bagi tubuh.


'Rumput laut’ merujuk pada alga laut yang tumbuh di pinggiran lautan, seperti Rhodophyta dan Phaesophyta. Identik dengan bahan yang biasa terdapat dalam masakan Jepang, rumput laut adalah bahan makanan yang memiliki banyak zat dan manfaat baik bagi tubuh. Rumput laut biasa ditemukan dalam makanan-makanan seperti sushi, salad hingga sup. Rasanya yang khas menjadikan rumput laut menjadi bahan makanan yang banyak digemari.

Dilansir dari WebMD, berikut adalah manfaat mengkonsumsi rumput laut bagi tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut beberapa penelitian, mengkonsumsi rumput laut dapat menurunkan resiko penyakit jantung pada yang mengkonsumsinya dengan cara menurunkan level LDL atau kolesterol ‘buruk’ dalam tubuh.

Menjaga Gula Darah Tubuh

Rumput laut mengandung antioksidan bernama fucoxanthin yang terdapat dalam rumput laut coklat. Antioksidan tersebut dapat meningkatkan kontrol gula darah dan dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2.

Meningkatkan Kesehatan Organ Dalam

Menurut beberapa penelitian, rumput laut dapat meningkatkan kesehatan organ dalam dengan adanya kandungan zat carrageenan, agar, dan fucoidan yang berperan sebagai prebiotics. Gula yang terdapat dalam rumput laut dapat meningkatkan bakteri baik yang dapat menjaga kesehatan organ.

Mengurangi Resiko Kanker

Menurut beberapa studi, mengkonsumsi rumput laut dapat mengurangi resiko kanker. Mengkonsumsi rumput laut dapat mengurangi level estrogen yang dapat mengurangi resiko kanker payudara.