Share
Tak Hanya Sebatas Garnish, Inilah Manfaat Parsley untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
Dewi Anggriani Siregar
04 September 2023

Parsley atau peterseli merupakan salah satu jenis sayuran yang tentu sudah tidak asing bagi Anda.


Memiliki bentuk daun yang cenderung keriting dan bergerombol, parsley seringkali dianggap sama dengan daun seledri walaupun keduanya ternyata merupakan jenis tumbuhan yang berbeda.

PARSLEY

Peterseli (Petroselinum crispum) merupakan tumbuhan lokal di wilayah Mediterania. Anda tentu seringkali menemui jenis daun yang satu ini sebagai penghias di atas makanan yang seringkali disingkirkan ketika akan menyantap makanan tersebut. Namun tahukah Anda, parsley ternyata menyimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan seperti di bawah ini.

GARSNISH

Kaya Antioksidan

Parsley kayak akan kandungan antioksidan seperti flavonoid, karotenoid, dan vitamin C yang baik untuk mencegah radikal bebas penyakit berbagai macam penyakit dalam tubuh.

Baik untuk Kesehatan Mata

Daun parsley juga diketahui merupakan salah satu sumber vitamin A yang baik untuk memelihara kesehatan mata. Beta karoten yang terdapat di dalam parsley juga dapat diubah tubuh menjadi vitamin A, yaitu penting untuk melindungi kornea dan konjungtiva.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat lain dari parsley adalah mampu membantu melancarkan pencernaan Anda sebab daun yang satu ini memiliki banyak serat dan merupakan makanan prebiotik bagi bakteri baik di usus yang baik untuk proses pencernaan.

Mencegah Anemia

Parsley memiliki kandungan zat besi tinggi yang baik untuk untuk mengatasi kekurangan darah atau anemia.

Mendukung Kesehatan Tulang

Selanjutnya, parsley juga mengandung banyak vitamin K, kalium, magnesium, dan kalsium, serta mikronutrien yang dapat membantu mendukung fungsi organ salah satunya memperkuat tulang.

BACA JUGA: Mengenal Bunga Hydrangea dan Manfaatnya, Si Cantik yang Dapat Berubah Warna