Share
Mengenal Bunga Hydrangea dan Manfaatnya, Si Cantik yang Dapat Berubah Warna
Dewi Anggriani Siregar
01 September 2023

Apakah Anda pernah mendengar nama bunga hydrangea? Jika melihat bentuk fisiknya, bunga yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi Anda. Memilki tampilan yang indah dan memikat hati, bunga hydrangea ternyata menyimpan beberapa manfaat untuk kesehatan.


Hydrangea atau hortensia merupakan spesies bunga terbesar yang ada di Asia Timur meliputi Jepang, Korea dan Cina. Tanaman hias yang satu ini juga melambangkan ucapan syukur dan permintaan maaf. Bunga yang satu ini memiliki beberapa jenis warna yang beragam seperti biru, ungu, hingga merah muda.

HYDRANGEA 2

Tidak hanya itu, bunga hydrangea ini juga dapat berganti warna. Perubahan warna ini menunjukkan kadar pH alami dalam kandungan tanah. Menariknya, tidak hanya indah, bunga hydrangea memiliki berbagai zat yang ternyata baik bagi kesehatan seperti hydrangin, flavonoid, kaempferol, quercetin serta mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor dan sulfur. Berikut adalah manfaat bunga hydrangea yang wajib Anda ketahui dilansir dari Hellosehat.

HYDRANGEA 1

Antiradang

Bunga hydrangea memiliki kandungan alkaloid yang mampu meredakan infeksi dan mampu mengurangi gejala radang sendi.

Obat Diuretik

Ekstrak dari bunga hydrangea juga dipercaya mampu membantu mengatasi sakit kepala, demam dan rematik serta penyakit yang disebabkan oleh masalah saluran kemih.

Meningkatkan Sistem Imun

Akar bunga hydrangea juga diketahui mampu membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan membantu mengatasi masalah nyeri sendi yang terjadi akibat reaksi kekebalan tubuh yang berlebih.