Share
Rekomendasi Makanan untuk Sahur, yang dapat Menambah Stamina saat Puasa
Shela Dhamayanti
16 April 2022

Di bulan suci Ramadhan ini sangat penting bagi umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa, dengan menahan diri dari minuman, makanan, dan menghindari segala kebiasaan buruk.


Puasa biasanya diawali dengan sahur pada pagi subuh dan kemudian buka puasa disaat sore hari. Ketika berpuasa, seseorang harus memperhatikan makanan yang dikonsumsinya, karena jika makanan yang dikonsumsi tidak sehat akan mengakibatkan kondisi tubuh menjadi lemas saat puasa.

Maka dari itu, diperlukan makan-makanan yang sehat, terutama makanan untuk sahur agar kondisi tubuh tetap sehat dan kuat untuk menahan lapar serta haus selama 13 jam lebih. Dengan begitu, tubuh Anda akan tetap kuat dan memiliki banyak energi untuk beraktivitas. Berikut rekomendasi makanan yang cocok untuk sahur.

Kandungan Protein Tinggi

Saat puasa sangat penting mengonsumsi protein tinggi. Kandungan protein tinggi dapat membantu dan memelihara kekuatan otot, sehingga kondisi fisik lebih kuat. Ketika seseorang mengonsumsi protein, maka rasa kenyang akan terasa lebih lama.
Rekomendasi makanan yang mengandung protein yaitu seperti daging, telur, ikan, yogurt atau susu

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah-Buahan

Buah dan sayur memiliki kandungan tinggi serat yang sangat penting untuk tubuh. Tidak hanya sekadar memberi rasa kenyang, tetapi makanan ini dapat menjaga hidrasi dalam tubuh. Selama puasa tubuh akan kekurangan cairan, sehingga penting untuk konsumsi serat saat sahur.

Rekomendasi buah-buahan yang dapat Anda konsumsi pada saat sahur, yaitu melon, apel, semangka, pir, strawberry, pepaya, dan buah naga. Sedangkan rekomendasi sayuran yang baik dikonsumsi saat sahur, yaitu seperti bayam, brokoli, kangkung, sawi hijau, buncis, dan wortel.

Konsumsi Air Putih

Konsumsi air putih saat sahur sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Lebih baik Anda mengkonsumsi 2-3 gelar air putih pada saat sahur agar tubuh tetap terhidrasi dan memiliki rasa kenyang yang lebih lama. Cairan yang cukup pada saat sahur juga dapat menjaga aliran pembuluh darah lancar.

Asupan Karbohidrat yang Sehat



Asupan karbohidrat ini bisa Anda ganti, tidak hanya nasi. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Mengonsumsi karbohidrat juga dapat memberikan sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat ini akan dipecah menjadi glukosa dan diserap dalam aliran darah. Berikut rekomendasi makanan mengandung karbohidrat, yaitu nasi merah, kentang, oat, ubi

BACA JUGA: Melihat Tampilan Strawberry Terbesar di Dunia versi Guinness World Record