Share
Agar Terhindar dari Gangguan Kesehatan, Cucilah Sayur dan Buah Anda dengan Bahan - Bahan Alami Ini
Clara Enocensia
25 January 2022

Cucilah buah dan sayur dengan benar sebelum mengolahnya, sebab paparan pestisida dalam waktu lama bisa memicu beberapa gangguan kesehatan.


Sebagian besar buah dan sayuran yang Anda beli di pasar memiliki kandungan pestisida. Zat kimia yang dipakai untuk membasmi hama pada tanaman ini memang masih menjadi cara yang digunakan oleh petani sayur dan buah di Indonesia, untuk menjaga kualitas hasil panen dan terhindar dari gagal panen. Menurut penelitian, pestisida yang masuk ke dalam tubuh akan merusak sel tubuh dan menganggu kinerja organ tubuh.

Berikut cara mencuci sayur dan buah agar terbebas dari kandungan pestisida.

1. Merendam dalam air garam

Merendam sayur dan buah di dalam air garam selama 20 menit efektif untuk menghilangkan residu pestisida. Setelah direndam air garam, bilas terlebih dahulu dengan air bersih kemudian buah dan sayur-sayuran siap diolah menjadi hidangan.

2. Merendam dalam air cuka

Cuka merupakan zat asam kuat yang dapat menghilangkan pestisida dan membunuh kuman yang ada pada buah dan sayuran. Siapkan baskom yang sudah diisi air lalu tambahkan semangkuk cuka. Cuci buah dan sayuran sampai bersih lalu bilas dibawah air mengalir.

3. Baking soda

Salah satu langkah efektif untuk menghilangkan residu pestisida adalah dengan menggunakan baking soda. Campurkan baking soda kedalam wadah yang telah diisi air, kemudian rendam buah dan sayuran selama 15 menit dan bilas sampai bersih.