Share
5 Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi saat Sahur Puasa
Yuswialdyth Ardelia Almira
13 April 2023

Pemilihan jenis makanan bagi sahur sangat penting bagi tubuh agar mendapatkan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas secara optimal.


Sahur atau suhoor adalah makanan yang dikonsumsi pada dini hari menjelang fajar sebelum subuh bagi umat Islam yang akan menjalankan ibadah puasa. Makanan yang dikonsumsi saat sahur harus mengandung gizi seimbang agar kuat dalam menjalani puasa, yang durasinya mencapai setengah hari atau sekitar 13 jam dalam sehari.

Makanan yang bergizi seimbang dapat memberikan energi yang cukup serta mencegah hal yang tidak diinginkan saat puasa, seperti lemas hingga dehidrasi. Berikut adalah rekomendasi menu sahur dengan gizi seimbang.

Buah dan Sayuran
Kaya serat, buah-buahan dan sayuran sangat penting selama puasa karena meningkatkan rasa kenyang dan membantu mencegah sembelit. Mereka juga mengandung vitamin, mineral, dan fitokimia yang penting untuk kesehatan yang baik. Buah buahan seperti semangka, apel, pisang dan melon memiliki kandungan yang tunggi sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh. Buah segar mengandung banyak air yang bisa memenuhi kebutuhan cairan.

Nasi atau Alternatif Lain
Makanan karbohidrat berserat tinggi seperti nasi merah dan roti gandum membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, membantu mempertahankan tingkat energi lebih lama. Selain itu, karbohidrat kompleks seperti oatmeal atau ubi jalar juga dapat alternatif untuk melengkapi kandungan gizi pada makanan.

Daging atau alternatif lain
Ayam tanpa kulit, ikan, dan produk susu rendah lemak merupakan sumber protein yang baik sekaligus membatasi asupan lemak Anda. Selanjutnya, mereka membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh, dan membangun sistem kekebalan tubuh Anda. Mengkonsumsi produk susu berkalsium tinggi juga membantu menjaga kekuatan tulang. Mereka yang tidak toleran laktosa dapat memilih susu bebas laktosa atau susu kedelai yang diperkaya kalsium.

Protein
Protein dapat membantu membangun dan memperbaiki jaringan dalam tubuh. Makanan berprotein tinggi seperti susu, yogurt, telur, daging ikan, dan daging ayam tanpa kulit pun bisa menjadi pilihan menu sahur yang bergizi seimbang.

Lemak sehat
Lemak adalah salah satu nutrisi bagi cadangan energi untuk tubuh. Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak sehat adalah kacang, minyak zaitun, yogurt. Lemak sehat juga dapat membantu penyerapan vitamin A,D E, dan K, serta memperkuat imun yang bermanfaat bagi orang yang berpuasa.