Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Yuk Konsumsi 4 Buah Tinggi Serat Namun Rendah Gula Dan Baik Untuk Tubuh

Wellness20 November 2021

By Rambu Moara

Yuk Konsumsi 4 Buah Tinggi Serat Namun Rendah Gula Dan Baik Untuk Tubuh

Mengonsumsi buah juga harus melihat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, seperti mempertimbangkan vitamin, serat, kadar air, hingga kadar gula yang terkandung.


Mengonsumsi buah setelah makan adalah hal wajib agar menunjang nutrisi yang sudah dikonsumsi melalui makanan utama. Menurut ahli kesehatan, mengkonsumsi buah sebaiknya dilakukan 30 menit hingga satu jam sebelum makan atau sesudah makan. Ini dilakukan agar tidak buah dan makanan utama tidak saling bercampur.

Selain itu, mengonsumsi buah juga harus melihat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Misalnya dengan mempertimbangkan kadar air, kadar gula, vitamin, serat, dan nutrisi-nutrisi lain. Untuk itu, HighEnd berikan empat buah yang tinggi serat dan rendah kadar gula yang baik untuk dikonsumsi sebelum ataupun sesudah makan.

Pir

Memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan apel menjadikan pir sebagai salah satu buah tinggi nutrisi, termasuk serat, dan rendah gula. Setiap 100 gram pir terdapat 5.5 gram serat, 17 gram gula, 101 kalori, 0.2 gram lemak, dan 27,1 gram karbohidrat. Bagi penderita konstipasi, pir menjadi buah yang tepat bagi Anda karena tingginya kadar air.

Alpukat

Dalam setengah bagian alpukat sedang (setara dengan 100 gram) terkandung 160 kalori, 6,7 gram serat, 0.66 gram gula, 1,8 gram karbohidrat, dan 7%-8% lemak. Selain tinggi serat dan rendah gula, alpukat juga rendah akan kadar air yaitu sekitar 73% dalam 1 buah. Sehingga buah ini cocok dikonsumsi bagi penderita diare dan tipes.

Pisang

Pisang merupakan satu dari sekian buah tinggi serat yang baik untuk pencernaan. Dalam 100 gram pisang berukuran sedang, terdapat 89 kalori, 75% air, 1,1 gram protein, 22,8 gram karbohidrat, 12,2 gram gula, 2,6 gram serat dan lemak sebanyak 0.3 gram.

Aneka Berry

Ada banyak macam buah yang dikategorikan sebagai buah berry, misalnya blueberry, stroberi, mulberry, hingga raspberry. Buah jenis ini tinggi akan serat dan kadar air. Misalnya pada buah stroberi terdapat 91% kandungan air, 32 kalori, 2 gram serat, 0.3 gram lemak, 7.7 gram karbohidrat, 0,7 gram protein dan 4.9 gram gula.