Share
V&A Museum Persembahkan Naomi: In Fashion, Dedikasi 40 Tahun Karir Sang Supermodel
Annisa Silvia Mulia
16 July 2024

40 tahun perjalanan karir fashion supermodel legendaris, Naomi Campbell ditampilkan oleh V&A Museum London pada pameran eksklusif bertajuk “NAOMI: In Fashion'”.


Museum Victoria & Albert di London akan menampilkan pameran baru yang mengeksplorasi karir luar biasa selama 40 tahun dari model fashion legendaris Naomi Campbell. Pameran bertajuk "NAOMI: In Fashion" ini disponsori oleh BOSS dan telah dibuka sejak 24 Juni dan akan berlangsung hingga 6 April 2025.

Naomi Campbell, yang ditemukan di Covent Garden pada usia 15 tahun, dengan cepat meraih ketenaran di industri fashion dan membuat sejarah sebagai model kulit hitam pertama yang tampil di cover Paris Vogue pada Agustus 1988, saat usianya baru 18 tahun.

Pameran ini adalah pertama kalinya bagi Museum Victoria & Albert untuk merayakan keterampilan dan kontribusi seorang model individu terhadap industri fashion. "NAOMI: In Fashion" menampilkan koleksi busana haute couture dan ready-to-wear dari momen-momen penting dalam karier Naomi Campbell, pinjaman dari arsip designer, dan koleksi V&A. Sorotan pameran mencakup pakaian dari desainer terkenal seperti Alexander McQueen, Azzedine Alaïa, Burberry, Chanel, Dolce & Gabbana, Gianni dan Donatella Versace, Jean Paul Gaultier, John Galliano, Karl Lagerfeld, Vivienne Westwood, dan banyak lagi.

Dikutip dari laman V&A Museum, selain busana, photography fashion juga menjadi sorotan utama, dengan karya dari fotografer terkemuka seperti Steven Meisel, Arthur Elgort, Patrick Demarchelier, dan David Bailey. Senior Curator mode di V&A, Sonnet Stanfill, menyatakan, "Karier luar biasa Naomi Campbell berinterseksi dengan dunia fesyen terbaik. Dia diakui di seluruh dunia sebagai supermodel, aktivis, filantropis, dan kolaborator kreatif, membuatnya menjadi salah satu tokoh paling produktif dan berpengaruh dalam budaya kontemporer."

Becoming Naomi

1. Becoming Naomi

Bagian pameran akan dimulai dengan klip Campbell di catwalk, menunjukkan 'walk' legendarisnya. Bagian pertama, "Becoming Naomi," mengeksplorasi masa kecil Campbell dan pelatihan tari yang membentuk kesuksesannya. Lahir di London selatan pada tahun 1970, Campbell bermimpi menjadi bintang panggung sebelum ditemukan oleh agen model Beth Boldt saat berbelanja dengan teman sekolah.

Supermodel

Bagian berikutnya, "Supermodel," menyoroti masa kejayaan Campbell di tahun 1990-an ketika fashion menjadi hiburan massal. Campbell berada di pusat perhatian, d

idukung oleh designer terkenal seperti John Galliano, Gianni Versace, Karl Lagerfeld, dan Yves Saint Laurent. Ia juga dikenal karena kerja sama dengan fotografer terkemuka, menciptakan beberapa gambar paling berkesan dari era tersebut.

2. Versace

Dress worn by Naomi Campbell, designed by VERSACE, Spring/Summer 1991. Courtesy VERSACE

3. Roule Naomi

'Roulé Comme Une Buick' ('Drive Like a Buick'), bustier, worn by Naomi Campbell, designed by Thierry Mugler, Autumn/Winter 1989. Courtesy Mugler Archives.

Azzedine Alaïa

Bagian "Azzedine Alaïa" berfokus pada hubungan pribadi dan profesional Campbell dengan designer Azzedine Alaïa. Alaïa menganggap fisik Campbell sebagai 'tubuh yang sempurna' dan terinspirasi oleh penampilannya. Ada juga bagian "New York" yang mengeksplorasi kehidupan Campbell ketika ia pindah ke kota tersebut pada usia 17 tahun dan menjalin persahabatan yang langgeng dengan designer Marc Jacobs dan profesional industri lainnya.

4. Dress 1990

Dress designed by Azzedine Alaïa, Spring/Summer 1990. Courtesy Azzedine Alaïa Foundation.

The Spotlight

Bagian "The Spotlight" mengeksplorasi momen biografi yang dipublikasikan ketika Campbell menjalani periode pelayanan masyarakat yang diperintahkan pengadilan. Yang dipamerkan adalah gaun Dolce & Gabbana yang dikenakan Campbell pada hari terakhirnya menjalani pelayanan masyarakat

Exemplar

5. Vivienne

Sementara bagian "Exemplar" menyoroti kolaborasi awal Naomi dengan rumah mode terkenal Dolce & Gabbana and Vivienne Westwood to Jean Paul Gaultier.
Alchemy

6. Alchemy

Bagian "Alchemy" menampilkan fotografi kurasi Steven Meisel and Arthur Elgort to Patrick Demarchelier and David Bailey. Campbell sangat menghormati mereka yang bekerja dengannya, memperlihatkan hubungan unik Campbell dengan kamera.

Archetype

Bagian terakhir, "Archetype," mengakui karya Campbell dalam mendukung designer pemula dan advokasi untuk teman-temannya.