Menilik Rumah Minimalis Bergaya Jepang Yang Hangat dan Damai

Design02 October 2020

By Rizka Putri Sonia

Menilik Rumah Minimalis Bergaya Jepang Yang Hangat dan Damai

Tidak sulit, Anda dapat menerapkan tips ini untuk wujudkan rumah minimalis bergaya Jepang.


Belakangan, desain arsitektur minimalis bergaya Jepang kembali menjadi tren. Bukan hanya karena karena tampilannya yang unik, melainkan adanya kesan sederhana dan hangat yang mampu membuat sang penghuni berlama-lama di rumah. Desain semacam ini dapat menjadi salah satu opsi bagi Anda yang menyukai ruang sederhana dengan jumlah furnitur minimal.

Gaya Jepang dalam desain interior sebenarnya adalah sejenis teknik dalam desain minimalis, yang menyiratkan perpaduan warna halus dan bentuk sederhana. Terinspirasi oleh alam, orang Jepang biasanya lebih menyukai warna-warna halus seperti krem dan cokelat, serta banyaknya bahan alami dan rangkaian bunga (ikebana) dalam bangunan tersebut.

Lampu

Jenis lampu yang berbeda mampu menciptakan suasana yang damai dan santai di dalam ruangan dengan gaya desain filosofi Zen. Lampu pada langit-langit rumah Jepang biasanya menggunkan jenis yang berbeda dan dapat bertahan lebih lama, karena lampunya ditutup dengan kertas, yang merupakan campuran selulosa dan poliester.

Untuk menciptakan pencahayaan yang menyebar pada ruangan, Anda bisa memilih lampu meja bambu, lampu gantung, atau lampu tatami. Ketiga jenis lampu ini ideal untuk ruang apapun. Namun, biasanya lampu-lampu ini ditempatkan pada koridor yang terang.

Kamar Tidur

Alas tatami sangat ideal untuk menutupi lantai. Alas tatami tradisional terbuat dari jerami padi yang sangat nyaman untuk dijadikan alas berjalan tanpa sepatu. Jika tidak ada tatami, cukup letakkan tikar tatami kecil di depan tempat tidur.

Lengkapi tempat tidur dengan detail bambu dan letakkan laci dasar berpernis di sebelahnya. Atau Anda juga dapat mengganti tempat tidur dengan kasur di atas lantai seperti mayoritas kita temukan pada rumah di Jepang.

Jangan letakkan banyak furnitur pada kamar tidur Anda. Barang-barang dekoratif yang terbuat dari bahan alami seperti bambu atau kayu, akan membantu Anda mendekorasi ruang tidur. Tirai sutra dan lampion kertas yang digantung pada langit-langit juga akan mempercantik tampilan ruang tidur Anda.

Sebagai pemanis, Anda dapat meletakkan satu atau dua gambar alam atau bunga sakura pada dinding kamar.

BACA JUGA: 10 Tips Makeover Balkon Apartemen Jadi Nyaman dan Fungsional

Dapur

Dapur dengan gaya Jepang selalu menghadirkan kesan hangat sehingga dapat menjadi ruang berkumpul dengan keluarga yang nyaman. Untuk menciptakan kesan tersebut, Anda dapat mengganti meja dan kursi makan menjadi tikar.

Gaya lesehan selalu identik dalam dapur Jepang. Jangan lupakan untuk menggunakan set peralatan makan berbahan kayu atau bambu untuk menambah kesan Japanese style dalam dapur Anda.
Sebagai dekorasi tambahan, Anda dapat menggantungkan lampion kertas pada langit dapur, menggunakan tirai kapas, serta mengisi vas lantai dapur Anda dengan bambu.

Pemilihan Furnitur

Orang Jepang lebih menyukai furnitur dengan desain elegan dan bergaya low legs. Warna furnitur usahakan kontras, misalnya dari kayu yang dipernis dengan warna hitam. Dekorasi yang Anda pilih dapat berupa meja kopi rendah, lazy pillow, foldout pillow, atau bantal yang langsung diletakkan di lantai sebagai tempat duduk.

Ruang Keluarga

Sekali lagi, ruang sederhana dengan tanpa menggunakan banyak furnitur menjadi ciri dari ruang keluarga bergaya minimalis Jepang. Kita dapat memilih dinding berwarna cerah seperti putih atau krem. Untuk menambah kenyamanan, Anda dapat menggunakan tanaman tradisional (bonsai), pajangan prasasti dari hieroglif, gambar bunga sakura, serta pedang sebagai pajangan dinding untuk dekorasi.

Untuk gorden dan televisi, pilih warna yang kontras dengan dinding ruang keluarga Anda. Gunakan lantai bambu atau laminasi untuk menambah kesan Jepang. Selain itu, lantai jenis tersebut akan dapat bertahan lama, praktis, serta lebih mudah dibersihkan.

Kamar Mandi

Anda dapat membawa gaya pemandian tradisional pada kamar mandi Anda dengan ofuro tub yang terbuat dari kayu alami. Meski dilengkapi dengan bath tub, sebaiknya Anda tetap menyeediakan area shower tersendiri. Anda juga dapat menyediakan ruang ganti yang dipisahkan oleh sekat.

Pilihlah bantuan ubin dan panel keramik sebagai alas kamar mandi Anda. Dinding utama pada kamar mandi Anda juga bisa dibuat dari kayu atau jerami untuk menambah nuansa alam.