10 Tips Makeover Balkon Apartemen Jadi Nyaman dan Fungsional

Design18 August 2020

By Rizka Putri Sonia

10 Tips Makeover Balkon Apartemen Jadi Nyaman dan Fungsional

Tidak hanya sebagai tempat menjemur baju, Anda juga dapat mendesain balkon apartemen Anda menjadi tempat yang menarik dan fungsional.


Area yang sempit bukan menjadi halangan bagi Anda yang mendambakan desain balkon menarik dan nyaman. Selain dapat memanjakan mata dan digunakan sebagai area berfoto yang instagenic, balkon yang nyaman juga dapat dijadikan sebagai area yang tepat untuk bekerja secara produktif selama masa WFH (work from home). Berikut adalah beberapa tips dan ide untuk menyulap area balkon apartemen Anda menjadi lebih menarik.

1. Letakkan kursi dan meja kecil yang sesuai dengan tema

Kursi dan meja kecil merupakan barang wajib yang harus Anda letakkan di area balkon. Pilihlah warna dan model kursi serta meja yang sesuai dengan tema balkon yang Anda inginkan. Selain dapat difungsikan untuk menikmati secangkir teh atau kopi, Anda dapat mengerjakan pekerjaan Anda dengan nyaman di area balkon juga ditemani oleh udara sejuk.

2. Sedia ‘payung’ sebelum hujan

Area balkon yang baik adalah balkon yang dapat difungsikan pada musim dan cuaca apapun. Gunakan kanopi kain untuk melindungi balkon Anda dari terik matahari serta kain anti-air yang dapat menghalau hujan.

3. Ciptakan area privasi pada balkon Anda

Apabila balkon apartemen Anda berada tepat di samping balkon tetangga Anda, letakkan tanaman berukuran tinggi seperti bambu untuk menciptakan sekat natural sekaligus cantik pada balkon Anda. Selain itu, tirai bambu juga dapat dijadikan pilihan lain yang dinamis sehingga dapat Anda naik atau turunkan sesuai dengan kebutuhan.

4. Gunakan furnitur yang dapat dilipat

Penggunaan furnitur yang bisa dilipat dapat membuat area balkon Anda menjadi lebih fleksibel dan multifungsi. Anda dapat meletakkan kursi atau meja lipat jika ingin digunakan, serta melipatnya untuk memberi ruang apabila area balkon Anda ingin difungsikan untuk keperluan lain.

5. Beri kesan hijau dengan meletakkan tanaman

Hias balkon Anda dengan tanaman untuk mempercantik tampilannya. Anda dapat mengkreasikan area balkon Anda dengan tanaman gantung pada dinding yang kosong, pot cantik di spot tertentu, atau vas kecil yang ditempelkan pada tembok balkon. Jika Anda menyukai aroma tanaman yang menyegarkan, pilihlah dedaunan herbal untuk diletakkan pada area balkon Anda.

6. Pemanis tampilan balkon dengan karpet lantai

Memberi karpet dapat membuat area balkon Anda terlihat lebih cantik dan berpola. Pastikan motif karpet yang Anda pilih cocok serta dapat menjadi elemen pendukung tema balkon yang Anda inginkan.

7. Hias dinding yang kosong

Anda dapat mengisi dinding balkon yang kosong dengan tanaman gantung atau tempel. Anda juga dapat menggunakan pajangan bernilai seni sesuai selera, sehingga balkon Anda terasa lebih cantik dan terisi.

8. Percantik dengan lampu

Lilitkan lampu tumblr pada pagar balkon. Kelip lampu yang menyala dari lampu tumblr dapat membuat kesan aesthetic pada balkon Anda. Pilih lampu yang memiliki banyak mode kelip serta variasi warna, sehingga Anda bisa memilih tampilan lampu lilit sesuai dengan keinginan.

9. Letakkan bantal lantai apabila area balkon sempit

Penggunaan bantal lantai dan lazy pillow dapat menjadi alternatif apabila area balkon Anda relatif kecil. Gunakan warna serta bentuk bantal yang variatif sehingga balkon Anda tidak membosankan dan tetap terlihat hidup.

10. The balcony bar

Selain sebagai tempat bersantai, Anda juga dapat nuansa outdoor dining pada balkon Anda dengan meletakkan meja bar kecil pada pagar balkon. Dengan begitu, Anda dapat menikmati santapan dengan pemandangan yang memanjakan mata.

FOTO Pinterest