Share
Tidak Hanya untuk Mata, Inilah Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh
Shela Dhamayanti
08 April 2022

Wortel adalah sayuran dengan rasa manis yang dapat diolah menjadi menu makanan sehat. Banyak masyarakat yang hanya berpikir bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Namun tidak banyak yang tahu manfaat wortel ternyata lebih banyak dan tidak hanya untuk mata.


Tak hanya untuk menjaga kesehatan mata, wortel dapat dipercaya ampuh mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Sayuran orange ini menjadi idola bagi sebagian orang, karena memiliki banyak manfaat. Kandungan nutrisi dalam wortel terdiri dari serat, vitamin, dan mineral. Selain itu, ia juga mengandung antioksidan, beta karoten, kalium, dan vitamin K. Untuk mengetahui manfaat lainnya, berikut manfaat wortel yang baik untuk kesehatan tubuh.

1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan wortel yang kaya akan serat dapat berfungsi untuk melancarkan saluran pencernaan. Antioksidan dan serat juga dapat mampu menurunkan risiko kanker usus besar. Serat ini penting menurunkan tekanan darah dengan mengurangi kolesterol dan membersihkan kotoran di dalam tubuh.

2. Mempertahankan Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dapat membantu membuat kulit Anda bercahaya. Anda dapat mengkonsumsi wortel atau membuat masker di rumah dan digunakan secara rutin. Perubahan pada kulit akan terlihat secara bertahap.

3. Merawat Kesehatan Gigi dan Gusi



Untuk mempertahankan gigi sehat, Anda perlu mengunyah wortel mentah. Bakteri dan plak dapat dibersihkan secara menyeluruh. Kandungan mineral inilah yang memproduksi air liur untuk bekerja sebagai alkalin dan mencegah kerusakan gigi.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Peran antioksidan ini bertugas untuk melawan radikal bebas dalam tubuh dan menjaga kesehatan jantung Anda. Ditambah lagi, hasil penelitian yang dilakukan di University of Illinois, wortel dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam darah.

BACA JUGA: Selain Liburan, Inilah Beberapa Cara Self Healing di Rumah agar Bebas Stres