Selain Liburan, Inilah Beberapa Cara Self Healing di Rumah agar Bebas Stres
Clara Enocensia
27 March 2022

Tak harus dengan liburan atau staycation yang dapat meningkatkan risiko terpaparnya virus COVID-19, berikut ini cara self healing dapat dilakukan di rumah.


Pandemi COVID-29 masih membatasi aktivitas kita di keseharian. Beberapa sektor mungkin sudah mulai beradaptasi, namun cukup banyak orang masih mengalami kesulitan dalam menghadapi tekanan serta perubahan yang disebabkan oleh pandemi. Oleh karena itu ada baiknya melakukan self healing.

Pada dasarnya self healing adalah proses meredakan luka batin akibat adanya kelelahan emosi. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti kepergian orang terdekat, atau masalah lainnya.

Kelelahan emosi ini juga bisa terjadi akibat terlalu pesimis dengan masa depan, kegagalan, dan lain-lain. Bahkan hampir sebagian besar manusia pernah merasakan kondisi ini dengan latar belakang yang berbeda.

Ada beberapa cara self healing yang dapat dipraktikkan di rumah, mulai dari praktik self compassion, melakukan aktivitas yang menenangkan, dan lainnya. Mari simak ulasan berikut.

1. Me Time

Metode pertama adalah dengan cara meluangkan waktu untuk diri sendiri. Ketika sedang berada dalam kondisi ‘bermasalah’, maka ada baiknya Anda meluangkan waktu terlebih dahulu. Isilah waktu tersebut untuk memfokuskan diri pada kebahagiaan serta menyediakan ruang di mana Anda bisa bebas.

Tidak ada salahnya untuk memikirkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum kembali ke berbaur dengan orang banyak. Selain itu, metode ini juga bisa meningkatkan kesadaran bahwa kehidupan yang Anda jalani saat ini memiliki banyak makna.

2. Aktivitas Seni

Melakukan aktivitas seperti melukis atau membuat kerajinan tangan dapat membantu mengembalikan energi positif sehingga produktivitas bisa ikut meningkat.

Proses kesenian seperti musik, melukis, atau membuat sesuatu karya akan membantu meningkatkan beberapa hormon kebahagian. Seni bisa menjadi terapi orang dewasa juga anak-anak untuk menjaga kesehatan mental.

3. Menulis

Menulis bisa menjadi salah satu langkah yang baik untuk menghilangkan rasa lelah akibat emosi. Dengan menulis, Anda bisa mengutarakan apa yang Anda rasa secara langsung melalui pena dan kertas. Metode ini bisa digunakan untuk melatih Anda untuk bisa lebih jujur terhadap diri sendiri.

4. Tidur cukup

Menjaga kualitas tidur yang baik mungkin masih disepelekan oleh sebagian orang. Padahal, tidur adalah bagian penting dalam rangkaian cara self healing. Ketika tidur, tubuh melakukan banyak proses pemulihan.

Kurang tidur akan melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih sulit untuk memulihkan diri. Kurang tidur juga berkontribusi terhadap peningkatan hormon stres, seperti norepinephrine dan epinephrine.