Share
Sering Dikonsumsi Setiap Hari, Apakah Kafein Baik untuk Tubuh?
Hamidah Khansa Sabila
02 February 2023

Banyak orang yang mengkonsumsi minuman yang mengandung zat kafein untuk tetap terjaga. Namun, apakah sering mengkonsumsi kafein hampir setiap hari baik untuk tubuh?



Kafein adalah zat stimulan yang dapat ditemukan dalam kopi, teh, kakao hingga soda. Menurut sebuah studi, kafein adalah salah satu bahan yang sering digunakan di dunia. Dilansir dari WebMD, berikut adalah efek samping dari mengkonsumsi kafein.

Meningkatkan Metabolisme

Menurut sebuah studi, mengkonsumsi kafein dapat mempercepat pembakaran kalori karena mengkonsumsi segelas kopi dapat meningkatkan tingkat metabolisme sebanyak 3-4%.

Meningkatkan Energi

Kafein dalam bentuk kopi hingga minuman berenergi dikonsumsi agar energi tetap terjaga dan menghilangkan kantuk. Hal tersebut benar adanya karena kafein adalah stimulan yang dapat meningkatkan energi orang yang mengkonsumsinya.

Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa studi menemukan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi kopi memiliki resiko penyakit jantung lebih sedikit dari yang tidak mengkonsumsinya sebanyak 16-18%.

Namun, tidak hanya efek samping baik tersebut, terlalu sering mengkonsumsi kafein juga dapat menyebabkan beberapa efek samping buruk, yaitu mengkonsumsi terlalu banyak kafein dapat menyebabkan kebiasaan atau ketergantungan pada kafein tersebut. Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan migrain hingga kecemasan dalam tubuh. Kafein dapat memicu senyawa bernama kynurenine yang dapat memicu kecemasan tersebut. Kafein juga dapat memicu komplikasi dalam tubuh jika dikonsumsi bersamaan ketika sedang mengkonsumsi obat-obatan.

Dapat disimpulkan bahwa kafein memiliki kedua efek samping baik dan buruk. Untuk menghindari efek samping buruk tersebut, ada baiknya anda mengkonsumsi kafein secukupnya dan secara bijak.