Share
Romansa dan Perjuangan Penuh Haru dalam Film Hamka & Siti Raham Vol.2
Dewi Anggriani Siregar
12 December 2023

Siapa yang tak kenal Buya Hamka? Haji Abdul Malik Karim Amrullah, adalah seorang ulama, sastrawan, dan politikus Indonesia yang terkenal.


Hamka & Siti Raham

Memiliki sederet perjalanan yang menginspirasi dan jasanya yang begitu besar, kisah tentang dirinya ini pun diangkat menjadi sebuah karya film salah satunya adalah "Hamka & Siti Raham Vol.2). Film dari garapan Rumah produksi Falcon Pictures dan Starvision ini merupakan bagian kedua dari trilogi biopik Buya Hamka ini disutradarai oleh Fajar Bustomi dan dibintangi oleh Vino G Bastian dan Laudya Cynthia Bella.

Dalam Gala premiere film Hamka & Siti Raham (Vol.2) yang digelar pada 8 Desember 2023 lalu di CGV Grand Indonesia, Jakarta Pusat, hadir pula sejumlah artis dan tokoh-tokoh masyarakat, antara lain Anjasmara, Alfie Alfandi, Roy Sungkono, Dewa Budjana dan Putri Ariani. Acara yang dihadiri kurang lebih 5 ribu orang ini, diawali dengan penampilan Dewa Budjana dan Putri Ariani membawakan lagu Cintaku Untukmu yang menjadi original soundtrack film Hamka & Siti Raham (Vol. 2).

Film Hamka & Siti Raham (Vol.2) bercerita tentang perjalanan hidup Buya Hamka setelah menjadi penulis dan ulama besar. Dalam film ini, Buya Hamka akan menghadapi berbagai tantangan, baik dari segi politik maupun personal.

Film Hamka & Siti Raham ini akan tayang serentak diseluruh bioskop Indonesia pada tanggal 21 Desember 2023. Kisah menyentuh yang dihadirkan di film Hamka & Siti Raham (Vol.2) dan siap membuat para penonton yang menyaksikan film ini meneteskan air mata serta mengambil hikmah dari setiap perjalanan luar biasa sang tokoh.

Frederica selaku produser Falcon Pictures dalam sambutannya mengatakan, bahwa film ini merupakan upaya untuk mengangkat kembali sosok Buya Hamka yang merupakan salah satu tokoh penting dalam sejarah Indonesia. "Kami ingin menyampaikan pesan-pesan yang ada dalam diri Buya Hamka kepada generasi muda. Bagaimana kesetiaan Buya Hamka dan Siti Raham, meski banyak mendapatkan cobaan, menurut saya wajib untuk dijadikan contoh," ungkapnya.

Sutradara film Hamka & Siti Raham (Vol.2), Fajar Bustomi, mengatakan bahwa ia berusaha untuk membuat film yang relevan dengan masa kini. "Kami berusaha untuk membuat film yang bisa dinikmati oleh semua kalangan," kata Fajar.

Laudya Cynthia Bella selaku pemain juga mengungkapkan bahwa ada banyak sekali hal yang bisa diambil dari kisah Buya Hamka dan Siti Raham. "Sangat berat, kayaknya kalau saya harus meniru Siti Raham. Sampai saat ini saya masih terus belajar tentang kesetiaan, keikhlasan, ketabahan, dankesabaran," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh pemeran Buya Hamka, Vino G Bastian." Kalau sampai saat ini saya belum bisa menyamakan Buya Hamka, tapi saya terus belajar, karena harapan saya bisa seperti itu. Mudah-mudahan apa yang disampaikan film ini bisa sampai kepenontonnya," ungkap Vino G Bastian.