Rayakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Presiden Jokowi Kenakan Pakaian Adat Dolomani Asal Buton
Dewi Anggriani Siregar
18 August 2022

Tepat pada 17 Agustus kemarin, Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77. Meski masih digelar dalam suasana pandemi COVID-19, upacara peringatan HUT RI yang di masing-masing kota dan daerah tetap berjalan khidmat dengan semangat persatuan dan kesatuan.


Khususnya pada upacara peringatan yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, kemarin. Pemandangan menarik selalu tampak setiap tahunnya dari pakaian adat yang dikenakan oleh Presiden Joko Widodo.

Salah satunya adalah pada perayaan HUT ke-72 RI pada 17 Agustus 2017 lalu, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu, Batulicin, Provinsi Kalimantan Selatan. Kemudian pada tahun 218, yakni pada perayaan HUT ke-73 RI, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Aceh.

Tidak hanya itu, pada HUT ke-74 RI tahun 2019, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Klungkung dari Provinsi Bali. Tidak ketinggalan, pada HUT ke-75 RI tahun 2020 ia juga mengenakan pakaian adat yang berasal dari Timor Tengah Selatan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selanjutnya pada tahun lalu, Presiden Jokowi memilih baju adat Pepadun dari Provinsi Lampung sebagai kostum yang ia kenakan saat perayaan HUT RI.

Sementara pada upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan RI, kemarin, Presiden memilih baju adat asal Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Didominasi oleh warna merah, pakaian adat Dolomani ini merupakan baju dari kesultanan Buton yang kerap digunakan dalam momen-momen penting kesultanan. Memiliki motif dan corak yang menarik, baju adat khas Buton ini kayak akan kandungan makna yang filosofis.