Rayakan Hari Toilet Sedunia, Ini 5 Toilet Termahal di Dunia

Design19 November 2020

By Novita Angelina

Rayakan Hari Toilet Sedunia, Ini 5 Toilet Termahal di Dunia

Ikut merayakan Hari Toilet Sedunia, berikut kami bagikan 5 toilet termahal di dunia yang pernah ada.


19 November dirayakan sebagai Hari Toilet Sedunia. Kita beruntung berada di era peradaban dimana toilet sudah mengalami perkembangan jaman dan dibuat se-nyaman mungkin untuk penggunanya. Walaupun pada kenyataannya di sebagian daerah di Indonesia maupun di luar negeri masih banyak yang belum bisa mendapatkan akses toilet yang aman dan sehat.

Meskipun begitu sejak dahulu ternyata sudah banyak orang yang berinvestasi di toilet yang mahal. Kami mengumpulkan lima toilet termahal yang pernah ada di dunia dan tentu memberikan sensasi berbeda bagi penggunanya.

1. Sun-Mar Excel Non-Electric Toilet

Toilet seharga 1,500 US Dollar ini merupakan toilet pertama di dunia yang ramah lingkungan. Toilet ini dapat mengubah limbah kotoran manusia langsung menjadi pupuk untuk menyuburkan tanah dan tanaman di taman. Selain itu pupuk ini tidak perlu menggunakan air sama sekali.

2. “Dagobert” Wooden Toilet

Nama toilet ini diambil dari Raja Dagobert, penguasa terakhir dinasti Merovingian di Prancis pada abad ke-8. Bentuk toilet ini dibuat menyerupai singgasana raja yang nyaman dan dilengkapi dengan tempat lilin, asbak dan musik dari lagu “Le Bon Roi Dagobert” yang akan menyala setiap tutupnya dibuka. Harga toilet setinggi lima kaki ini yaitu 14,123 US Dollar.

3. Swarovski-Studded Toilet – $75,000

Toilet seharga 75,000 US Dollar ini terlihat sangat mewah karena bertabur Swarovski. Kristal ini menutupi setiap sisi di toilet ini. Satu-satunya hal yang tidak bertabur adalah dudukan toilet dan bagian dalam penutup toilet. Jika menggunakan ini di rumah, Anda mungkin harus membersihkannya setiap hari atau bahkan setiap Anda menggunakannya.

BACA JUGA: 7 Inspirasi Kamar Mandi Minimalis yang Tidak Membosankan

4. Hang Fung Gold Toilet, $5 Million

Toilet emas seharga 5 juta US Dollar ini diciptakan oleh Hang Fung Gold Technology Group. Toilet emas berada di kamar mandi demonstrasi yang bernama “The Hall of Gold” dimana keseluruhannya terbuat dari emas. Ini tersedia untuk dilihat publik. Konon toilet ini dibuat ketika harga emas sedang rendah. Pengunjung dapat datang dan mengabadikan toilet ini.

5. International Space Station Toilet, $19 Million

Toilet termahal seharga 19 juta US Dollar ini lokasinya ternyata tidak berada di bumi, melainkan diluncurkan di luar angkasa. Toilet ini dibangun oleh Rusia untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional pada November 2008, toilet ini dilengkapi penyangga kaki untuk membantu menjaga posisi astronot dengan benar.

Toilet ini juga dilengkapi dengan kipas khusus yang menyedot setiap limbah yang disimpan ke dalam tangki septik serta memiliki teknologi untuk menyaring air dari limbah untuk dapat diminum kembali.