Share
Persembahan Cinta Tanpa Batas dalam Koleksi Raya Iwan Tirta Private Collection 'Pranargya'
Bunga Revina
13 March 2023

Iwan Tirta Private Collection baru saja mempresentasikan Koleksi Pranargya dalam rangka perayaan Raya Collection 2023 di butik Iwan Tirta Private Collection yang berlokasi di Galeria Grand Hyatt Jakarta, Plaza Indonesia lantai 3.


Perayaan Idul Fitri selalu memiliki makna kebaikan yang beragam, mulai dari makna Kemenangan hingga kembalinya seseorang pada Kesucian. Ragam makna kebaikan inilah yang diimplementasikan oleh tim kreatif Iwan Tirta Private Collection (ITPC) ke dalam koleksi Raya Collection 2023.

Mengambil tema “Pranargya” sebagai ide utama, yang diambil dari bahasa Sansekerta dan secara harafiah membawakan arti cinta tanpa batas. Diambil sebagai judul dalam koleksi ini, Pranargya diharapkan dapat menjadi simbol rasa syukur terhadap Sang Pencipta atas segala karunia-Nya.

Koleksi Pranargya ini terinspirasi dari pola geometris khas Mediterania yang disinambungkan dengan stilisasi floral khas Iwan Tirta. Kepulauan dan lautan Mediterania sendiri dikenal sebagai kawasan perairan yang terletak di antara bagian dari 3 benua, yaitu Eropa, Afrika, dan Asia.

Nama “Mediterania” yang berasal dari istilah Latin, mediterraneus, diartikan sebagai tengah bumi. Beberapa orang yang hidup dan tinggal di Yunani, Mesir dan Roma Kuno, memang meyakini bahwa laut Mediterania yang berada di tengah-tengah sebagai pusaran dunia secara keseluruhan. Termasuk Turki dan Persia yang juga merupakan bagian dari kawasan Mediterania. Banyaknya pertemuan budaya menjadikan Mediterania memiliki kekhasan tersendiri, termasuk juga pada pola-pola geometrisnya yang banyak ditemui pada arsitektur dan interior.

Mediterania dengan segala ciri khasnya, mulai dari motif, hingga palet warna, menjadi sumber referensi yang diimplementasikan ke dalam 25 (dua puluh lima) set koleksi busana, untuk pria dan wanita yang dapat dijadikan sebagai pilihan gaya saat merayakan hari raya Idul Fitri yang akan datang. Beragam potongan koleksi, hadir dalam dominasi warna biru, krem, dan abu-abu. Namun warna hitam yang klasik juga dapat ditemui dalam rangkaian koleksi ini.

Kombinasi motif dan warna tersebut diterjemahkan ke dalam beragam atribut dan potongan untuk menunjang gaya hidup modern dan dinamis dengan tetap memperhatikan kesakralan hari raya. Untuk koleksi pria misalnya, kemeja pria diberi aksen kerah V-shape, berbentuk kerah Mandarin, hingga terinspirasi model kimono, atau camp hingga stand collar yang konstruktif. Sedangkan untuk koleksi perempuan, menjelma menjadi maxi dress, tunik atau outerwear yang dapat dipadupadankan untuk berbagai macam kesempatan.

Koleksi Pranargya ini menggunakan teknik batik tulis yang anggun dan mewah berkat pilihan material yang halus dan berkualitas, mulai dari bahan sutra tenun, sutra satin, hingga katun khusus yang hanya dimiliki oleh Iwan Tirta.