Share
Perayaan Seni Mode yang Tak Terlupakan dengan Barisan Desainer Bangsa Ternama
Putrika Annaya Salsabila
02 October 2023

Kembali untuk edisi yang ke-17, Senayan City Fashion Nation rayakan seni mode penuh kreativitas, budaya, dan tren.


Senayan City Fashion Nation 17th Edition kembali menghentak dunia mode dengan parade fashion yang penuh warna dan budaya. Acara ini menjadi perayaan sekaligus tanda dimulainya peringatan ulang tahun Senayan City yang ke-17 pada tanggal 21 September 2023.

Selalu fokus pada bakat-bakat mode Indonesia, Senayan City Fashion Nation edisi ke-17 ini digelar dari 21 hingga 30 September 2023 di Main Atrium, lantai 1, Senayan City.

Opening Night Senayan City Fashion Nation 17th Edition menampilkan karya-karya 3 desainer Indonesia terbaik dengan tema 'Diversestyle', yang mengusung keberagaman budaya, gaya, dan seni kreatif. Bukan hanya itu, penampilan tarian istimewa juga dipamerkan untuk menceritakan perjalanan Fashion Nation Senayan City sejak pertama kali diadakan hingga masa pandemi.

Fashion Nation 4

Sebagai acara pembuka, Senayan City menampilkan fashion show dari desainer terkemuka Indonesia seperti Mel Ahyar, Rama Dauhan, dan Wilsen Willim.

“Ketiganya akan memamerkan koleksi ikonis, berwarna-warni, dan sesuai dengan tren terkini yang dapat menginspirasi para pecinta mode,” lanjut Leasing & Marketing Director Senayan City Halina, “Fashion Nation juga akan menampilkan beberapa koleksi terbaru dan eksklusif dari tenant mode dan gaya hidup Senayan City.”

Bukan hanya itu, Senayan City juga bergandengan tangan dengan Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI), melahirkan instalasi mode bertajuk GAYA yang akan menampilkan karya terbaru dari 18 desainer mode Indonesia.

Pada Opening Night, desainer terkenal IPMI, Mel Ahyar, menampilkan koleksi ‘VERSECAPADES’ yang menggabungkan desain eksperimental dengan seni naif-ekspresif Erica Hestu untuk menggambarkan konsep multiverse di dunia mode Nusantara.

Fashion Nation 1

Koleksi ini terinspirasi oleh konsep multiverse dalam film pemenang Oscar, 'Everything Everywhere All at Once' (2022). Pada koleksi ini, busana eksperimental Mel Ahyar dikombinasikan dengan lukisan naif Erica Hestu menjadi sebuah instalasi seni yang menggabungkan tiga disiplin seni: film, mode, dan lukisan.

Dengan koleksi ini, Mel Ahyar ingin menunjukkan kebebasan ekspresi total dengan keluar dari konvensi.

Ketika ditanya tentang kolaborasi mereka, Mel Ahyar dan Erica Hestu mengungkapkan saling menghargai karya mereka satu sama lain. Erica mengagumi kemampuan Mel Ahyar dalam merancang busana dengan kebebasan ekspresi seni, sementara Mel Ahyar mengapresiasi kejujuran dalam karya-karya Erica yang penuh dengan ekspresi.

Keduanya menyadari bahwa kesamaan visi mereka dalam seni membuat mereka saling terhubung.

Sementara itu, Wilsen Willim dan Rama Dauhan, dua desainer baru yang bergabung dengan IPMI, juga menampilkan koleksi mereka.

Fashion Nation 2

Lewat Fashion Nation Senayan City 2023, Wilsen Willim mengangkat kembali keindahan batik dalam koleksi terbarunya yang bertajuk ‘Yang Hancur dan Kembali: Project Restore’.

Wilsen Willim akan mempertahankan dan mengolah batik lawas menjadi koleksi siap pakai yang premium. Dalam pendekatan ini, Wilsen memilih untuk menggunakan batik lawas yang telah usang dan rapuh. Dia mengambil batik lawas dari berbagai daerah di Indonesia yang berasal dari tahun '60-an hingga '80-an. Batik tersebut diolah dengan teknik modern sehingga dapat dijadikan potongan busana siap pakai.

Selain itu, koleksi ini juga terinspirasi oleh seni restorasi keramik Jepang, Kintsugi, sehingga Wilsen Willim menggunakan teknik modern pada kain-kain tenun.

Lalu, pada acara pembuka, Rama Dauhan juga memamerkan koleksi ‘HARMONI’ yang menggabungkan bordir, aksesoris, dan cetakan dengan flora dan fauna berwarna cerah. Tujuannya adalah membawa seni lebih dekat ke masyarakat dengan memasukkannya ke dalam pakaian sehari-hari.

Fashion Nation 3

Opening Night Fashion Nation akan semakin menarik dengan penampilan tarian khusus yang disusun oleh koreografer Ronal Soe dari Team Roro dan Panca Makmun sebagai koreografer fashion show.

Selain itu, Senayan City Fashion Nation 17th Edition turut menampilkan desainer yang berkolaborasi dengan Senayan City seperti Amot Syamsuri Muda dan brand no’om | no’mi di Men’s Collection, Yuana Tanaya, Ivan Gunawan, dan Lisa Ju. Berbagai jenama lainnya yang berpartisipasi adalah Purana, SOE Jakarta, Ghea Resort, Populo, Saroong, dan Cita Tenun Indonesia yang berkolaborasi dengan Sejauh Mata Memandang.

Pada 27 September, Senayan City juga juga menghadirkan Artisan A La Mode dengan fashion show karya Adrie Basuki, Iyonono, dan Rinda Salmun x Aidan dan Ice.

Dengan koleksi-koleksi yang inovatif dan beragam ini, Senayan City Fashion Nation 17th Edition akan menjadi sebuah perayaan seni mode yang tak terlupakan yang menggabungkan budaya, kreativitas, dan tren terbaru dalam industri mode Indonesia.