Olahraga Di Tengah New Normal Guna Menjaga Imunitas Tubuh

Wellness19 November 2020

By

Olahraga Di Tengah New Normal Guna Menjaga Imunitas Tubuh

Merasa aktivitas sudah mulai padat? Siapkan diri Anda untuk tetap berolahraga demi meningkatkan dan menjaga kesehatan dalam menjalani New Normal.


Pandemi mengharuskan kebanyakan orang untuk melakukan segala kegiatan di rumah, sehingga beberapa bulan ke belakang orang-orang sudah mulai beradaptasi akan hal tersebut. Meminimalisir kegiatan di luar rumah membuat pandemi memberikan banyak waktu luang bagi sebagian orang, khususnya mereka yang sudah tidak bekerja atau sekolah secara langsung.

Pada akhirnya, selama pandemi, olahraga adalah kebiasaan baru yang sudah mulai dilakukan kebanyakan orang karena keharusannya untuk menghabiskan waktu di rumah. Namun, sudah seiring berjalannya waktu dan menjalani masa new normal, beberapa kegiatan di luar rumah sudah mulai aktif kembali, sehingga kebiasaan olahraga selama pandemi bisa saja menurun bahkan ditinggalkan. Padahal kenyataannya, olahraga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh Anda dalam menghadapi situasi New Normal.

Berikut olahraga ringan yang bisa anda lakukan untuk membantu Anda menghadapi New Normal:

1. Stretching

Dalam menghadapi new normai yang sudah mulai sibuk, olahraga ini bisa menjadi rutinitas baru sebelum menjalani aktivitas. Stretching adalah langkah awal yang tepat untuk memulai kebiasaan olahraga ditengah kesibukan. Stretching tidak akan menhabiskan waktu yang lama, dan cukup fleksibel untuk dilakukan dimana saja.

Stretching memiliki banyak manfaat, diantaranya seperti membuat tubuh Anda menjadi lebih fleksibel, memperluas kemampuan Anda bergerak, meningkatkan sirkulasi dan juga akan mempengaruhi pikiran Anda menjadi lebih tenang.

Sebelum memulai aktivitas, bangunlah 5 menit dari biasanya untuk melakukan olahraga ini. Hal ini bisa dimulai dengan merapatkan kaki dan buatlah kedua tangan Anda saling menggenggam di atas kepala. Tarik nafas dan tarik tubuh ke atas lalu lakukan stretching ke kiri dan ke kanan masing-masing selama 5 detik. Tarikan tersebut akan sangat terasa pada punggung Anda.

2. Squats

Selanjutnya masih dengan olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah sebelum beraktivitas, yakni olahraga squat. Olahraga squat memiliki banyak manfaat untuk mengawali kegiatan. Olahraga squat adalah salah satu gerakan yang bisa dilakukan dalam pemanasan, sebelum melakukan berbagai jenis olahraga.

Walaupun Anda hanya melakukan squat saja, manfaat yang didapatkan dalam olahraga ini tidak sedikit antara lain untuk melatih kekuatan dan fleksibilitas otot, meningkatkan keseimbangan tubuh dan mempercepat metabolisme.

BACA JUGA: Selalu Tampil Bugar dan Ceria, Jill Biden Bagikan Tips Diet dan Olahraga

3. Yoga

Yoga adalah jenis olahraga yang cukup ringan dan menjadi salah satu andalan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Yoga memiliki manfaat yang baik dalam mengawali hari, diantaranya adalah meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan bagi tubuh. Yoga juga memiliki manfaat lain untuk membuat Anda merasa lebih tenang, karena dapat mengurangi stress dan depresi. Lakukan gerakan yoga yang cukup mudah dan sederhana, seperti memulai dengan cat pose, cobra pose, atau child pose. Gerakan yang sederhana akan membuat Anda terhindar dari resiko cedera.