Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Mengenal Teknik Art Therapy yang Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

Wellness23 March 2022

By Shela Dhamayanti

Mengenal Teknik Art Therapy yang Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

Mengekspresikan kreativitas dipercaya dapat meningkatkan penyembuhan dan kesejahteraan mental. Oleh karena itu, terapi seni dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah, mulai dari gangguan kecemasan hingga masalah emosional atau hubungan seseorang dengan orang lain.


Seni adalah bentuk kreasi, permainan, keindahan, komunikasi, dan intuisi. Seniman mengekspresikan dunia emosional mereka melalui seni. Seni dapat digambarkan sebagai cermin pengalaman langsung, perasaan serta sentimen orang. Gambar dan simbol dianggap sebagai bentuk gambaran emosi dan perasaan. Dengan terapi seni ini, diharapkan seseorang dapat memahami emosi, meningkatkan rasa percaya diri, dan mengatasi stres.

Art Therapy diyakini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan mental, seperti:
1. Membantu Menemukan Jati Diri

Art Therapy dipercaya dapat membantu seseorang menemukan dan mengenali perasaan yang tersembunyi di alam bawah sadar. Hal inilah yang membuat terapi seni dapat membantu seseorang untuk menemukan jati dirinya.

2. Membangun Kepercayaan Diri

Proses pembuatan sebuah karya dapat membuat seseorang merasakan sebuah pencapaian diri yang sangat berharga sehingga rasa percaya dirinya dapat ikut meningkat.

3. Ekspresikan Perasaan

Mengekspresikan diri dengan berbagai perasaan, seperti kesedihan, ketakutan, hingga kemarahan tidaklah mudah. Terkadang perasaan ini tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Melalui seni, perasaan tersebut dapat diekspresikan dengan cara yang positif.

4. Mengatasi Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan, depresi, dan bahkan trauma emosional seseorang dapat diredakan dengan membuat karya seni.

5. Mengasah Keterampilan untuk Memecahkan Masalah

Salah satu manfaat terapi seni yang tidak boleh dianggap remeh adalah mengasah kemampuan pemecahan masalah. Hal ini diyakini bermanfaat bagi kaum muda yang mungkin merasa sulit untuk mengikuti banyak perubahan dalam hidup mereka.

6. Menjadi Pengalih Perhatian yang Positif

Terapi seni dapat membantu seseorang untuk menghilangkan perasaan negatif dalam benaknya melalui proses penciptaan sebuah karya.

7. Penyesuaian Perilaku

Hal ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada seseorang untuk melatih respon dan perilakunya terhadap hal-hal yang terjadi dalam hidupnya.

BACA JUGA: Camilan Sehat untuk Anda yang Sedang dalam Program Diet