Share
Mengenal Psoriasis Vulgaris, Penyakit Kulit yang Jarang Diketahui
Dewi Anggriani Siregar
15 September 2023

Akhir-akhir ini Psoriasis vulgaris menjadi salah satu penyakit yang ramai diperbincangkan di media sosial. Lantas, apa sebenarnya Psoriasis vulgaris itu?


Mengutip dari Hello Sehat, psoriasis vulgaris adalah psoriasis yang ditandai dengan kemunculan lesi atau kulit pecah, bertampilan khas berupa plak atau bercak merah dengan sisik kulit tebal yang terdiri dari lapisan kulit mati. Penyakit kulit yang juga disebut dengan psoriasis plak sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yang berbeda. Namun, kebanyakan kasus yang terjadi berupa psoriasis plak besar dan psoriasis plak kecil.

PSORIASIS

Psoriasis vulgaris plak besar biasanya diderita seseorang yang berusia dibawah 40 tahun, sementara psoriasis plak kecil biasanya diderita oleh seseorang yang berusia di atas 40 tahun. Penderita psoriasis vulgaris umumnya mengalami gejala kemerahan atau ruam serta sejenis sisik pada kulit yang menimbulkan sensasi gatal dan nyeri. Psoriasis sering kali terjadi pada daerah siku, lutut, punggung bagian bawah, hingga kulit kepala.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab psoriasis vulgaris ini salah satunya adalah faktor genetik dan metabolisme tubuh yakni akibat autoimun tubuh menyerang sel-sel kulit yang sehat. Meski tidak menular, Psoriasis vulgaris harus segera mendapat penanganan yang tepat sesuai dengan jenis dan tingkat keparahannya seperti melakukan terapi hingga mengonsumsi dan mengoleskan bat atau krim khusus dengan rekomendasi ahli medis.