Mengenal Beras Organik beserta Keunggulan dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Wellness12 October 2021

By Clara Enocensia

Mengenal Beras Organik beserta  Keunggulan dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Berbagai jenis beras organik memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh dan kelestarian lingkungan.


Beras organik adalah beras yang dihasilkan melalui proses budidaya organik tanpa menggunakan pupuk dan pestisida kimia. Proses ini bermanfaat untuk menjaga kelestarian lingkungan dan keseimbangan ekosistem di dalamnya. Selain itu, mengkonsumsi beras organik akan mengurangi kadar urea dalam darah yang selama ini telah menumpuk karena terbiasa mengkonsumsi beras yang dipupuk dengan urea.

Serta dapat mengurangi kadar logam berat dalam darah karena penggunaan insektisida kimiawi. Hal inilah yang dapat mencegah tubuh terserang berbagai macam penyakit berbahaya yang pada dasawarsa terakhir banyak diderita oleh masyarakat. Berikut adalah macam-macam beras organik yang menyehatkan tubuh.

1. Beras merah

Beras merah adalah andalan bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Hal ini sebabkan karena beras merah memiliki kandungan glukosa yang lebih sedikit dibandingkan dengan beras biasa. Itulah alasan mengapa rasa dari beras merah lebih hambar. Tak hanya mampu menurunkan berat badan, beras merah juga mampu menurunkan kolesterol dan baik bagi kondisi jantung Anda.

2. Beras hitam

Walaupun tidak sepopuler beras merah, namun beras hitam memiliki manfaat yang lebih beragam dibandingkan dengan merah. Beras hitam mampu mencegah penyakit kanker, diabetes, mengatasi anemia, mencegah penyakit jantung, dan menjaga kesehatan organ dalam. Beras hitam memiliki tekstur nasi yang sedikit lebih kering dibandingkan beras putih.

Menurut sejarah, konon beras hitam hanya boleh dimakan oleh keluarga kerajaan di Tiongkok, sebab beras hitam memerlukan perawatan ekstra serta memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Itulah mengapa beras hitam hanya boleh dimakan oleh anggota kerajaan.

3. Beras batang lembang

Beras yang satu ini sangat populer dengan teksturnya yang pulen seperti beras Jepang. Selain enak untuk dikonsumsi sebagai makanan pokok, beras yang berasal dari Sumatra ini juga cocok dijadikan sebagai bahan dasar sushi karena pulen dan mudah dibentuk.

4. Mentik wangi susu

Jenis beras yang satu ini sedikit berbeda dengan beberapa beras sebelumnya. Beras organik ini memiliki warna putih seperti susu dan aroma yang wangi, sebab beras ini berasal dari hasil kombinasi persilangan antara varietas mentik wangi dan mentik susu. Saat dimasak, beras mentik wangi susu memiliki tekstur yang cukup lengket.