Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Menciptakan Kopi Dingin dengan Teknik “Cold Brew” yang Kaya Akan Manfaat

Wine & Dine15 February 2022

By Vina Meliana

Menciptakan Kopi Dingin dengan Teknik “Cold Brew” yang Kaya Akan Manfaat

Biasanya untuk menyeduh kopi dibutuhkan air panas supaya kopi dapat larut dengan air. Berbeda dengan teknik cold brew ini yang diseduh dengan air dingin dan membutuhkan waktu yang lama untuk memprosesnya.


Teknik Cold Brew ini membutuhkan waktu berkisar 12-24 jam untuk melarutkan antara kopi dengan air. Yang berarti semakin lama kopi itu direndam maka akan menciptakan rasa kopi yang semakin tajam.

Cara pembuatan kopi cold brew ini adalah yang pertama bubuk kopi direndam di air dingin kemudian sehabis didiamkan lalu disaring dengan alat khusus cold brew supaya ampas tidak ikut dalam air serapan kopi. Teknik cold brew ini juga akan menciptakan kopi dengan tingkat kafein tinggi. Tidak hanya teknik pembuatannya yang unik, cold brew juga mempunyai manfaat yang lebih unggul daripada diseduh dengan air panas. Apa saja itu, berikut ulasannya.

Tingkat Keasaman Yang Rendah

Kopi yang dibuat dengan teknik cold brew memiliki nilai kadar ph sebesar 6,31 pH. Kopi ini cocok untuk Anda yang tidak menyukai kadar asam dalam kopi karena pH nya lebih tinggi daripada kopi yang diseduh dengan air panas. Hal tersebut membuat cold brew terasa lebih manis daripada kopi yang diseduh dengan air panas.

Meminimalisir Resiko Penyakit Jantung

Manfaat yang diciptakan dari teknik cold brew ini ada beragam. Salah satunya yaitu dapat menurunkan risiko penyakit jantung karena memiliki kandungan seperti kafein magnesium, trigonelline dan lignan yang bermanfaat untuk jantung.

Rendah Kalori

Minuman ini juga cocok untuk Anda yang sedang menjalani diet dan membutuhkan kafein dari kopi. Tentunya kopi dingin ini adalah solusi bagi Anda yang ingin diet rendah kalori. Kandungan dari minuman nitro yang light membuat kopi ini kurang cocok untuk ditambahkan gula dan krimer yang tinggi kalori karena akan merusak cita rasa kopi itu sendiri.