Share
Makanan Sehat Ini Dinilai Efektif Hilangkan Stress
Clara Enocensia
09 December 2021

Berikut sejumlah makanan alami yang bisa membantu meredakan stres dan menenangkan suasana hati kita.


Stres mungkin sudah jadi bagian hidup dari sebagian orang modern. Namun, jika dibiarkan berkepanjangan, stres bisa memicu gangguan fungsi pencernaan, imun, hingga sistem syaraf. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres, salah satunya melalui asupan makanan. Salah satu makanan yang efektif menurunkan stres adalah dark chocolate alias cokelat hitam yang kaya akan antioksidan.

Kandungan zat gizi dalam beberapa makanan berikut ini tak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk kesehatan mental. Selain cokelat ternyata ada banyak makanan yang bisa membantu kita meredakan stres, mari simak ulasan berikut.

1. Teh Hijau

Minuman ini telah lama diketahui dapat memberikan perasaan rileks dan nyaman. Sebab, teh hijau mengandung senyawa theanine, yaitu asam amino yang dapat meredakan kecemasan. Uniknya, theanine tak banyak ditemukan dalam makanan. Asam amino ini justru terkandung melimpah di dalam teh. Meski begitu,zat ini juga bisa diperoleh melalui suplemen yang telah banyak dijual dipasaran.

2. Sayuran Hijau


Sayur-sayuran berdaun hijau seperti bayam atau kale, terkenal kaya akan magnesium. Mineral ini sangat penting untuk membantu meregulasi kortisol dan sejumlah studi menunjukkan bahwa orang-orang dengan tingkat magnesium rendah cenderung lebih mudah stres.

3. Dark Chocolate


Dark chocolate diketahui dapat meningkatkan mood dan memelihara kesehatan otak, sebab kandungan serat dan polifenol yang banyak terdapat di dalamnya. Penelitian membuktikan bahwa terdapat penurunan risiko depresi sebesar 57 persen pada partisipan yang rutin mengonsumsi dark chocolate sekitar 100 sampai 450 gram per hari. Selain itu, dark chocolate juga berpotensi mengurangi gejala klinis pada penderita depresi.

4. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan lainnya yang membantu mengatur hormon stres serotonin. Oatmeal kaya akan vitamin B dan magnesium yang membantu menurunkan stres dan meningkatkan suasana hati.