Share
Lyodra Bersama Andi Rianto Remake Lagu “Sang Dewi” dengan Aransemen yang Super Megah
Novita Angelina
15 August 2022

Lyodra kali ini berkolaborasi dengan musisi tanah air, Andi Rianto untuk meluncurkan remake lagu lawas berjudul ‘Sang Dewi’.


Lagu ‘Sang Dewi’ merupakan original song dari ciptaan Andi Rianto bersama dengan Titi DJ, yang sekaligus yang membawakan lagu ini pada tahun 2001. Kali ini, Andi Rianto selaku produser sekaligus arranger mencoba memberikan warna baru dalam nuansa aransemennya pada lagu “Sang Dewi” yang disesuaikan dengan karakter vokal dari Lyodra. Mereka juga melibatkan Budapest Scoring Orchestra dalam memberikan nuansa musik yang super megah untuk lagu ini. Musik pop yang apik, dipadukan dengan suara berbagai instrumen sebuah orkestra menjadikan kesatuan yang luar biasa dari sebuah karya

Tantangan yang Dihadapi

Melakukan remake lagu yang sebelumnya memang sudah memiliki kualitas baik memang tidak mudah. Baik Lyodra maupun Andi Rianto mengakui bahwa ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam proses produksi, misalnya hal mencocokkan karakter vokal Lyodra dengan lagu.

“Mencocokkan karakter lagu dengan karakter vokal Lyodra adalah salah satu tantangannya, namun saya yakin Lyodra punya kemampuan teknis yang tinggi, dengan kemerduan suaranya saya yakin dia bisa menaklukkan aransemennya. Yang penting buat saya, walaupun dengan aransemen berbeda, esensi lagunya harus utuh seperti sebelumnya,” jelas Andi.

Sementara, Lyodra mengaku sejak awal ia sudah menemukan tantangan berat untuk merepresentasikan lagu ini yang sudah melekat dengan karakter vokal Titi DJ. Namun begitu, Lyodra merasa tantangan itu yang membuatnya terpacu untuk menyajikan yang terbaik di lagunya.“Ini lagu sulit banget, karena notasinya susah, kedengarannya aja mungkin gampang, tapi saat dinyanyikan susah banget. Improve dan vibes-nya kan harus baru, terus range vokalnya juga luas, nadanya juga tinggi. Menariknya, karena susah untuk dinyanyikan, tapi setelah selesai puas banget, dan keren banget, aransemennya juga megah banget, super grande,” tegas Lyodra.

Awal Cerita Kolaborasi

Kolaborasi kedua musisi ini berawal dari beberapa kali kerja sama antara Andi Rianto dan Lyodra dalam berbagai event, sehingga menjadikan mereka memiliki chemistry yang kuat untuk menghadirkan suatu karya bersama. Dari situlah, spontanitas terjadi untuk melakukan remake lagu ‘Sang Dewi’ yang telah melegenda tersebut. Tidak menunggu lama, proyek ini berlanjut ke workshop hingga proses rekaman yang dilakukan dalam waktu singkat.

Musik Video

Tidak hanya dirilis dalam bentuk audio saja, single “Sang Dewi” ini juga dikeluarkan dalam bentuk musik video, baik itu video lirik maupun video klip. Upie Guava ditunjuk sebagai sutradara di musik video ini. Lyodra mengatakan bahwa ini merupakan musik video yang paling terkonsep sejauh ia terlibat dalam pembuatan musik video. Semua set pengambilan gambar dilakukan full indoor di studio dengan menggunakan teknologi yang keren banget.

Di video tersebut digambarkan bagaimana Lyodra tinggal di dunianya dan mengajak seorang pria untuk tinggal di dunianya dan menyembuhkan rasa lukanya. Tidak hanya Lyodra, rasa kagum akan pembuatan musik video juga dirasakan oleh Andi Rianto. Ia mengaku terpukau dengan set pengambilan gambar, yang menurutnya sangat visioner dengan menggunakan teknologi yang luar biasa.

Dengan dirilisnya versi terbaru dari “Sang Dewi”, baik Lyodra maupun Andi Rianto berharap lagu ini dapat memberikan warna baru dan menjangkau lebih luas lagi para penikmat musik terutama generasi muda.