Share
Lakukan 3 Hal Ini, Untuk Hilangkan Stress yang Melanda Diri Anda
Venisa Ruth
05 October 2021

Hampir semua orang bisa dipastikan pernah mengalami stres baik itu dalam waktu sebentar ataupun lama.


Banyak faktor yang menjadi pemicu timbulnya gangguan mental tersebut, misalnya saja kebutuhan yang semakin banyak tanpa didukung dengan kemampuan finansial yang memadai, target kerja yang tidak tercapai dan sebagainya. Sebagai salah satu gangguan psikologis, stres tidak bisa dianggap remeh. Jika tidak segera diatasi, maka akan berpotensi menimbulkan akibat yang semakin buruk, seperti depresi bahkan bisa saja berakhir bunuh diri.

Namun begitu Anda tidak perlu khawatir, berikut cara ampuh yang bisa Anda lakukan ketika mengalami stres.

Meditasi

Beberapa pakar beranggapan bahwa meditasi merupakan salah satu cara yang ampuh mengatasi stres. Meditasi akan membantu seseorang memusatkan pikiran dan perasaan agar bisa berkonsentrasi dan relaksasi. Dengan begitu, pernapasan akan menjadi lebih teratur, detak jantung dan tekanan darah akan kembali normal.

Kondisi ini tentu dapat menurunkan hormon stres sehingga tubuh menjadi lebih tenang. Menurut hasil penelitian, meditasi selama 15 menit bisa memberikan efek yang sama pada kebugaran tubuh seperti olahraga selama 1 jam.

Berolahraga

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana bisa orang stres malah disuruh olahraga? Jangan salah, dengan olahraga tak hanya bisa menyehatkan tubuh saja tetapi juga menguatkan jiwa. Stres merupakan salah satu bentuk dari gangguan emosional jiwa. Maka olahraga bisa menjadi pilihan untuk mengatasinya.

Secara ilmiah dapat dijelaskan bahwa dengan berolahraga, tubuh akan meningkatkan produksi hormon endorphin yang mampu memberikan efek relaksasi pada pikiran. Selain itu, olahraga juga memobilisasi otot, mempercepat peredaran darah, dan membuka paru-paru untuk mengambil oksigen lebih banyak. Dengan demikian, kondisi tubuh menjadi stabil dan lebih sehat.

Istirahat yang Cukup

Saat tubuh lelah akan sulit mengendalikan tekanan yang dialami tubuh, apalagi mengatasi stres. Oleh sebab itu, jangan paksakan tubuh menjalani aktivitas yang padat secara terus-menerus. Tubuh yang lelah karena kurang istirahat dapat menyebabkan konsentrasi menurun dan tidak fokus menghadapi berbagai masalah yang sedang dialami.

Istirahatkan tubuh dengan waktu tidur yang cukup, yaitu selama 7-8 jam sehari. Dengan aktivitas tidur atau istirahat yang cukup mampu meremajakan tubuh yang lelah sehingga ketika bangun tubuh dan pikiran akan terasa lebih segar kembali dan siap menjalani aktivitas di kemudian hari.