Share
Ketahui Manfaat Timun Suri, Buah yang Jadi Primadona Saat Bulan Puasa
Dewi Anggriani Siregar
04 April 2023

Anda tentu sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Menjadi salah satu buah favorit saat berbuka puasa, timun suri ternyata miliki segudang manfaat untuk kesehatan.


Saat memasuki bulan Ramadan, timun suri tentu akan mudah Anda temui di banyak tempat. Tidak hanya dijual secara utuh, para pedagang juga biasanya menjual timun suri yang telah diolah menjadi es sebagai takjil dan menu santapan untuk berbuka puasa. Cita rasanya yang khas dan segar membuat buah ini sangat digemari dan cocok untuk menghilangkan dahaga setelah menjalan ibadah puasa selama 1 hari penuh.

Buah dengan nama latin Cucumis sativus ini memiliki bentuk yang lonjong dengan warna kulit yang hijau kekuningan. Timun suri mengandung banyak air dan memiliki tekstur yang lembut. Buah yang satu ini ternyata tidak hanya menyegarkan namun juga mengandung banyak gizi dan baik untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat buah timun suri untuk kesehatan terutama saat dikonsumsi ketika bulan puasa.

Membantu Menghidrasi Tubuh

Timun suri memiliki kandungan air yang melimpah. Mengonsumsi timun suri dapat membantu mengembalikan cairan tubuh Anda yang hilang selama berpuasa.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Timun suri dapat membantu mengatasi sembelit dan melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang kaya di dalamnya.

Sumber Antioksidan

Timun suri juga merupakan sumber antioksidan. Timun suri mengandung beberapa antioksidan, antara lain vitamin C, beta karoten, flavonoid, triterpen, dan lignan yang memiliki sifat antiradang.

Membantu Menyembuhkan Panas Dalam

Kandungan air yang banyak di dalam timun suri mampu berperan dalam proses detoksifikasi serta mempertahankan suhu tubuh dengan cara menyerap atau melepaskan panas secara perlahan-lahan sehingga dapat membantu menyembuhkan panas dalam.

Melegakan Tenggorokan

Timun suri juga dapat membantu melegakan tenggorokan sekaligus mengurangi bahaya penyakit radang tenggorokan yang rentan menyerang ketika bulan puasa.