Share
Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan dalam Memakai Skincare
Clara Enocensia
03 January 2022

Masih memiliki kulit wajah kusam walaupun sudah melakukan serangkaian perawatan wajah, mungkin beberapa kesalahan saat memakai skin care ini telah Anda lakukan.


Untuk memiliki kulit wajah yang sehat dan juga mulus tentunya memerlukan perawatan yang tepat dan benar. Skin care routine seperti menggunakan face wash, mask, scrub, acid toner, serum, dan produk lainnya dilakukan untuk melakukan perawatan pada kulit.

Ada kalanya mungkin Anda menyadari rutinitas skincare yang Anda jalani ternyata tidak bekerja secara maksimal pada kulit Anda. Mari simak ulasan berikut mengenai beberapa kesalahan yang seharusnya dihindari dalam memakai skincare.

1. Tidak melakukan double cleansing

Double Cleansing sangat berpengaruh agar skincare yang dipakai selanjutnya dapat menyerap dengan baik. Double Cleansing dilakukan dengan menggunakan micellar water pada wajah, selanjutnya mencuci wajah dengan sabun cuci muka yang sesuai dengan tipe kulit kita.

2. Memakai face wash yang tidak sesuai dengan kondisi kulit

Kandungan nutrisi yang ada dalam pencuci muka akan berbeda satu sama lainnya tergantung dengan kebutuhan kulit.

Selain itu terdapat beberapa kandungan yang sebenarnya tidak diperlukan dalam pencuci wajah. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, gunakanlah pencuci muka dengan kandungan antioksidan, witch hazel, dan salicylic acid untuk membantu membersihkan kulit wajah.

Dengan kandungan dan nutrisi yang tepat, maka dengan mencuci wajah dapat membantu untuk melindungi kulit dari sisa debu, dapat membuat kulit wajah menjadi rileks, dan membersihkan kulit hingga ke pori-pori.

3. Mengeksfoliasi kulit secara berlebihan

Eksfoliasi kulit biasanya dilakukan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan sehat. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati, terutama jika Anda menggunakan eksfoliator jenis scrub.

Pastikan Anda tidak menggosok wajah Anda terlalu lama atau keras. Melakukannya terlalu keras, justru berisiko melukai kulit serta pembuluh darah di bawahnya.

4. Mengombinasikan dua produk secara tidak tepat

Kesalahan lain yang mungkin tidak Anda dasari saat memakai skincare adalah menggabungkan dua produk dengan bahan aktif yang berlawanan. Anda mungkin menggunakan serum dengan bahan aktif retinoid dan mengombinasikannya serum vitamin C.

Faktanya, kedua bahan tersebut justru dapat mengakibatkan overeksfoliasi, sehingga kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.