Share
Ke Huy Quan Sampaikan Pidato Penuh Haru Usai Kemenangannya di Oscars 2023
Trisha Aulia
14 March 2023

Pada 13 Maret 2023, Ke Huy Quan memberikan pidato yang menyentuh hati setelah berhasil memenangkan kategori Best Actor in Supporting Role pada ajang Piala Oscar 2023. Sulit menahan tangisan harunya, Quan menyampaikan rasa terima kasihnya dengan tersengguk.


Berkat perannya dalam film ‘Everything Everywhere All at Once’, aktor keturunan China-Vietnam, Ke Huy Quan, berhasil memenangkan kategori Best Actor in Supporting Role pada ajang penghargaan Piala Oscar 2023. Ketika naik ke panggung untuk menerima piala, Quan tidak dapat membendung tangisan kebahagiaannya dan ia menyampaikan pidato penuh haru yang menyentuh hati semua hadirin.

Dalam pidatonya, Ke Huy Quan menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mengantarnya ke podium Piala Oscars 2023, terutama kepada ibunya, rumah produksi A24, dan seluruh tim ‘Everything Everywhere All at Once’. “Ibu saya berusia 84 tahun dan ia menyaksikan saya dari rumah.

Ibu, saya baru saja memenangkan Oscar!” ucap Quan dengan sesenggukan sambil memamerkan pialanya. Hadirin yang menyaksikan pidato Quan turut menjadi emosional dan memberikannya standing ovation.

Quan yang memulai karirnya sebagai pemeran kameo di film ‘Indiana Jones and The Temple of Doom’ mengungkapkan bagaimana ia nyaris menyerah sebagai seorang aktor karena tidak pernah berhasil mendapatkan peran yang bagus. Quan menjalani masa vakum dari dunia akting sejak tahun 2002 dan lebih memilih untuk bekerja di belakang layar sebagai seorang stunt choreographer. Tahun demi tahun Quan habiskan untuk mempertahankan mimpi dan meyakinkan dirinya bahwa waktunya untuk bersinar di depan layar akan segera tiba.

Setelah 22 tahun penantian, Quan akhirnya dihubungi oleh A24 untuk bergabung dalam proyek ‘Everything Everywhere All at Once’ pada 2021 lalu. Bagi Quan, proyek ini benar-benar mengubah hidupnya dan memberikannya kesempatan baru untuk memulai kembali sebagai seorang aktor. Bahkan, ia berhasil memenangkan mayoritas nominasi penghargaan yang didapatkan dari perannya sebagai Waymond Wang.

Aktor kelahiran 1971 ini masih tidak bisa percaya bahwa dirinya mampu menjadi penerima piala Oscar yang bergengsi dengan disaksikan oleh seluruh dunia. Terlebih, kemenangan ini juga menandakan Quan sebagai aktor keturunan Asia pertama yang berhasil memenangkan kategori Best Actor in Supporting Role sejak 1985.

Kesuksesan besar yang dialami oleh Ke Huy Quan membuatnya sangat terharu ketika ia mengingat kembali betapa sulit perjuangannya untuk bertahan di industri film Hollywood. Ia berkata bahwa cerita hidupnya yang begitu berliku-liku bagaikan cerita yang hanya terjadi di film.

Terakhir, Quan menyampaikan pesan penting bagi para aktor, baik muda maupun tua, yang masih berjuang untuk meraih mimpi. “Untuk para aktor yang masih berjuang, teruslah berjuang dan berpegang pada mimpi kalian,” ucapnya.