Share
Jarang Diketahui, Daun Bidara Ternyata Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
20 November 2023

Meski belum banyak diketahui, daun bidara ternyata merupakan salah satu tumbuhan yang miliki banyak manfaat untuk kesehatan


Sebagian orang mungkin masih asing dengan nama daun bidara. Bidara atau Ziziphus mauritiana L. memiliki bentuk daun yang kecil dengan buah yang bulat kecil berwarna hijau. Tanaman ini juga dikenal dengan nama lain, seperti jujube, Indian jujube, atau Chinese date.

Bidara merupakan salah satu tumbuhan yang banyak ditemukan di wilayah Asia, termasuk di Indonesia. Meski belum banyak diketahui, daun bidara merupakan salah satu tanaman yang memiliki segudang manfaat untuk tubuh sebab tanaman ini kaya akan nutrisi, termasuk pada daunnya. Daun bidara diketahui mengandung ragam senyawa yang baik untuk tubuh, seperti alkaloid, triterpenoid, saponin, flavonoid, dan tanin. Berikut adalah beberapa manfaat daun bidara untuk kesehatan dikutip dari berbagai sumber.

Mencegah Diabetes

Daun bidara memiliki kandungan saponin dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan serta mampu menangkal radikal bebas dan mencegah diabetes.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat lain dari daun bidara adalah mampu membantu melancarkan pencernaan. Hal tersebut disebabkan karena daun bidara memiliki sifat antispasmodik yang mampu membantu meredakan masalah pencernaan seperti diare dan sembelit.

Mengatasi Insomnia

Tanaman yang satu ini juga memiliki manfaat yang baik untuk membantu Anda yang kerap kali mengalami masalah insomnia. Daun bidara mampu mengatasi permasalahan gangguan tidur sebab ia memiliki kandungan saponin yang memengaruhi hormon serotonin yang berperan penting dalam siklus bangun tidur.