Share
Intip Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram di Berbagai Belahan Dunia
Dewi Anggriani Siregar
19 July 2023

Tahun Baru Islam merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam. Tahun Baru Islam 1 Muharram Hijriyah diperingati sebagai perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.


Momen ini pun dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi umat Muslim untuk merefleksi diri dan memperkuat keimanan serta amal ibadah. Layaknya perayaan-perayaan lain, 1 Muharram memiliki tradisi dan kegiatan unik yang berbeda di tiap-tiap belahan dunia. Berikut adalah beberapa tradisi unik 1 Muharram atau 1 Suro di berbagai Negara.

TAHUN BARU ISLAM

Indonesia

Sangat kental dengan keberagaman budaya dan adat istiadat, tradisi 1 Muharam di Indonesia dipadukan dengan budaya setempat yakni kirab kerbau bule seperti di Surakarta. Selain itu, ada pula tradisi tapa bison yang di lakukan dengan mengelilingi benteng keraton di Yogyakarta.

Malaysia

Menjadi salah satu Negara yang sangat sarat akan nilai religi, Malaysia menyambut 1 Muharram dengan membaca yasin dan berdoa bersama-sama di masjid. Ada pula upacara di lapangan yang bertujuan sebagai tanda rasa syukur serta mengingat kembali perjalanan hijrah Nabi Muhammad SAW.

Arab Saudi

MAKANAN

Tidak jauh berbeda dengan Malaysia, Arab Saudi merayakan 1 Muharam dengan menggelar doa bersama di masjid. Setelah itu, warga akan kembali ke rumah untuk berkumpul bersama keluarga. Di negara ini, ada pula tradisi minum segelas susu di pagi hari agar tahun yang baru berjalan dengan bersih dan menyantap sesuatu yang hijau di siang harinya agar penuh berkah.

Maroko

MAROKO BREAD

Sedikit berbeda dengan Negara lain, Maroko punya cara yang unik untuk memperingati 1 Muharam, yakni dengan membagikan roti ke tetangga maupun saudara. Selain itu, ada pula upacara sederhana yang biasanya digelar di lapangan.

BACA JUGA: Intip Beberapa Tradisi Unik Perayaan Idul Adha di Berbagai Belahan Dunia