Share
Intip Beberapa Tradisi Unik Perayaan Idul Adha di Berbagai Belahan Dunia
Dewi Anggriani Siregar
28 June 2023

Idul Adha merupakan salah satu perayaan penting dalam agama Islam yang disambut hangat oleh seluruh umat muslim di dunia.


Idul Adha atau yang biasa disebut dengan Lebaran Haji identik dengan proses penyembelihan hewan kurban seperti sapi, kambing, atau domba. Tahun ini, perayaan Idul Adha 1444 H menurut pemerintah jatuh pada 29 Juni 2023.

Layaknya perayaan Hari Raya Idul Fitri dan Bulan Ramadan, Idul Adha juga memiliki tradisi unik yang berbeda-beda di setiap negara. Meskipun memiliki inti yang sama, yakni menyembelih hewan kurban sebagai bentuk pengorbanan dan berbagi, tentu selalu ada hal berbeda dan menarik untuk diulas dari beragam tradisi perayaan hari besar di seluruh dunia baik dalam hal kuliner, pakaian adat, maupun aktivitas khas yang dilakukan selama perayaan. Berikut adalah beberapa tradisi unik perayaan Idul Adha di beberapa negara.

Indonesia

Kirab hewan merupakan sebuah tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia kepada hewan kurban yang akan disembelih. Hewan-hewan tersebut nantinya akan dikirim dalam kirab keliling kota atau desa dengan hiasan tradisional dan diarak berjalan-jalan sebelum diserahkan sebagai kurban. Pada perayaan Idul Adha ini pula berbagai makanan khas seperti rendang dan sate kambing menjadi hidangan yang ikonis.

Malaysia

Tidak jauh berbeda dengan Indonesia, perayaan Idul Adha di Malaysia dilakukan dengan solat berjamaah dan penyembelihan hewan kurban. Masyarakat Malaysia juga mengunjungi keluarga dan keluarga terdekat serta berbagi hidangan khas seperti ketupat, rendang, dan lemang yang dimeriahkan oleh seni tradisional seperti tarian dan musik.

Arab Saudi

Di Arab Saudi, tradisi unik saat perayaan Idul Adha adalah melaksanakan Tawaf Ifadhah. Para jemaah haji berkumpul di Mina untuk melaksanakan lempar jumrah dan penyembelihan hewan kurban. Momen ini menjadi simbol pengorbanan Nabi Ibrahim.

Maroko

Tradisi perayaan Idul Adha di Maroko adalah "Tbourida" atau "Festival Kuda". Para penunggang kuda mengenakan pakaian tradisional dan menunjukkan kelincahan berkuda mereka sekaligus memperkenalkan budaya dan tradisi lokal Maroko.

Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab juga memiliki tradisi khusus menyambut perayaan Idul Adha. Selain menyembelih hewan kurban, masyarakat Uni Emirat Arab menyumbangkan atau mensedekahkan pakaian, uang, dan bahkan membagikan daging kepada orang fakir miskin dan mereka yang membutuhkan.