Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Inilah Minuman Tradisional yang Menyegarkan sekaligus Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Wellness19 May 2022

By Clara Enocensia

Inilah Minuman Tradisional yang Menyegarkan sekaligus Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Olahan minuman khas Nusantara bisa menjadi pelengkap cita rasa para wisatawan yang tengah menjelajahi ragam kuliner khas Indonesia.


Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal akan kekayaan alam dan budaya. Beragamnya suku bangsa yang terdapat di negara ini menjadikan munculnya banyak warisan luhur budaya yang patut untuk kita lestarikan dan jaga keberlangsungannya.

Aneka minuman khas Indonesia ini sangat terkenal dengan citarasanya yang sangat otentik karena menggunakan bahan rempah-rempah alami yang tentu bermanfaat bagi kesehatan. Mari simak ulasan berikut ini mengenai minuman otentik Indonesia.

1. Kopi Kawa

Salah satu racikan kopi khas Nusantara yang unik, karena tidak menggunakan biji kopi, melainkan daun kopi. Tradisi menyeduh Kopi Kawa berasal dari masyarakat di Minangkabau.

2. Lahang

Terbuat dari Nira yang didapat dengan cara menyadap pohon aren, tepatnya bagian bunga jantannya, membuat Lahang memiliki cita rasa yang manis. Meski terdengar sederhana, proses pengolahan minuman tradisional khas Indonesia ini menuntut ketelitian tingkat tinggi.

3. Wedang Uwuh

Kebanyakan minuman tradisional Indonesia terbuat dari olahan beragam rempah-rempah. Salah satu minuman berbahan dasar rempah adalah Wedang Uwuh. Bahan-bahannya yang terbaut dari campuran dedaunan organik dan rempah, membuatnya memiliki cita rasa yang sangat otentik.

4. Sarabba

Sarabba adalah minuman khas Indonesia yang berasal dari Makassar dan juga dipercaya mampu memulihkan rasa lelah. Ciri khas utama dari minuman tradisional Indonesia satu ini adalah tambahan sebutir kuning telur yang dicampur bersama ragam rempah.