Inilah 5 Tips untuk Mendapatkan Tidur yang Berkualitas
Salsabila Andika Putri
20 July 2022

Tak dapat tidur di malam hari meskipun ada jadwal yang ketat untuk keesokan harinya bisa menimbukan masalah kesehatan.


Dewasa ini permasalahan yang kerap terjadi adalah kesusahan sebagian orang untuk tidur dengan tenang. Insomnia pun dapat melanda orang yang mempunyai kecemasan berlebihan saat di malam hari. Untuk itu, perlu cara agar kita mendapatkan tidur yang berkualitas. Berikut ini tips yang dapat Anda gunakan jika mengalami kesusahan untuk tidur.

1. Jadwal Tidur yang Teratur

Tidur 8 jam per hari merupakan pilihan yang paling tepat untuk mencukupi waktu istirahatmu. Jangan lupa sesuaikan dengan jam dan rutinitasmu, Waktu tidur yang ideal adalah tidak terlalu malam, selain karena begadang punya banyak sisi negative untuk kesehatan, juga supaya kita masih dapat merasakan matahari pagi. Jika konsisten dalam menjalani rutinitas tidur yang tepat, akan menaikkan emosi positif dalam diri.

2. Jangan Mengonsumsi Kopi dan Alkohol sebelum Tidur

Jangan mengonsumsi kopi sebelum Anda tidur. Hal tersebut dikarenakan kandungan kafein dalam kopi merupakan suatu zat yang bisa membuat Anda merasa sangat lelah. Hal ini pun menyebabkan kualitas tidur menurun dan mempersingkat waktu yang dihabiskan untuk terjaga. JIka tetap ingin mengonsumsi minuman, cobalah membuat teh chamomile yang tidak berkafein. Selain itu, efeknya pun dapat membuat pikiran rileks.

3. Gunakan Lilin Aromaterapi Sebelum Tidur

Menghirup lilin aromaterapi dengan notes bau tertentu akan sangat membantu Anda menenangkan pikiran serta mencapai tidur yang berkualitas. Contoh aroma yang cocok untuk dihirup sebelum tidur adalah; lavender, bergamot, cendana/sandalwood, dan chamomile. Tentu saja, jangan lupa untuk mematikan liin saat Anda akan tidur.

4. Hindari Menggunakan Alat Elektronik sebelum Tidur

Kerap kali kita bekerja atau malah memainkan handphone sebelum tidur. Hal tersebut tentu saja akan memperlambat waktu tidur Anda dan malah akan membuat pikiran penuh. Jika ingn tidur yang berkualitas dan cukup hindari membuka gadget Anda saat akan beranjak tidur. Rileks dan matikan lampu saat akan tidur agar tidur menjadi lebih nyenyak.

5. Tidak Makan Berat sebeum Tidur

Memakan makanan yang berat dan langsung tidur akan menimbulkan penyakit asam lambung atau GERD. Selain itu, memakan makanan berat sebelum tidur akan mengganggu tidur Anda dikarenakan pencernaan yang bekerja lebih berat untuk mencerna makanan.