Share
Inilah 5 Kuliner Lezat Khas Negeri Jiran yang Wajib Dicoba
Dewi Anggriani Siregar
22 July 2022

Malaysia merupakan salah satu negara yang berbatasan secara langsung oleh Indonesia.


Selain berdekatan secara letak geografis, Malayasia dan Indonesia memiliki banyak kesamaan seperti kesamaan rumpun yang berasal dari Melayu, latar belakang budaya, bahasa, hingga masakan dan kuliner khasnya yang memiliki kedekatan cita rasa.

Jika bertandang ke negeri Jiran ini, Anda jangan sampai melewatkan aktivitas bersantap kuliner khas Malaysia yang siap memanjakan lidah. Berikut adalah beberapa kuliner khas Negara Malaysia yang wajib Anda coba.

Nasi Lemak

Kuliner khas Malaysia yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Bisa dibilang, nasi lemak merupakan nasi uduk versi Malaysia. Biasanya, nasi lemak dihidangkan bersama telur, teri goreng, irisan mentimun, sambal ikan bilis, kacang serta lauk lainnya seperti ayam goreng.

Nasi Kerabu

Anda pasti akan sangat tertarik melihat tampilan nasi kerabu yang berwarna biru ini. Warna biru pada nasi tersebut berasal dari kelopak bunga talang. Nasi kerabu ini biasanya disajikan dengan tambahan lauk pauk lain seperti kerupuk, ayam atau ikan goreng, lalapan, dan sambal. Karena keunikannya, nasi kerabu kerap diburu oleh para wisatawan asing.

Ayam Percik

Makanan khas yang berasal dari daerah Kelantan dan Trengganu Malaysia ini memiliki cita rasa yang lezat dan gurih. Ayam percik dimasak dengan campuran rempah-rempah khas ang kaya rasa. Sementara untuk penyajian, ayam percik ini dapat digoreng ataupun dipanggang.

Bubur Lambuk

Kuliner khas yang satu ini akan mudah Anda jumpai ketika bulan Ramadhan tiba. Bubur lambuk merupakan hidangan yang terbuat dari campuran, beras, lobak, dan daging sapi yang dicincang. Dengan tambahan rempah kulit kayu manis, cengkeh dan jintan putih.

Durian Musang King

Tidak hanya memiliki sejumlah kuliner berat yang lezat, Malaysia juga punya durian musang king yang terkenal dengan rasanya yang legit dan nikmat, berdaging tebal, serta manis. Jika Anda berlibur ke Malaysia, jangan lupa untuk bertandang ke Durian Man yang ada di Petaling Jaya, Selangor, Malaysia, untuk mencicipi kenikmatan durian Musang King ini.