Hias Rumah Anda dengan 5 Bunga Ini untuk Memanjakan Mata dan Mengurangi Stres
Putrika Annaya Salsabila
11 August 2022

Menghias rumah Anda dengan bunga ternyata bukan hanya bisa memanjakan mata, tapi juga membantu kurangi stres dan kecemasan.


Jika Anda mulai merasa suntuk saat berada di rumah, atau mungkin rasa lelah Anda setelah seharian berkegiatan di luar tidak menghilang saat sampai di rumah, maka Anda perlu melakukan sedikit perubahan di rumah. Rumah adalah tempat kita pulang dan melepas lelah yang seharusnya memberikan rasa aman serta nyaman. Namun, jika Anda masih merasa stres di rumah, maka mengisi rumah Anda dengan bunga bisa menjadi kunci untuk meningkatkan kesehatan mental Anda.

Apa cara yang yang lebih baik untuk mengakhiri hari Anda selain dengan melihat dan mencium aroma bunga yang dapat mencerahkan suasana hati? Oleh karena itu, Anda perlu menyimak beberapa bunga di bawah yang dapat membantu Anda merilekskan pikiran dan memberikan ketenangan maksimal!

1. Lavender

Tidak bisa dipungkiri, sampai saat ini lavender tetap menjadi salah satu aroma yang paling digandrungi untuk membantu mengatasi stres dan kecemasan. Secara tradisional, lavender sendiri memang terkenal sebab kualitasnya untuk memurnikan tubuh dan pikiran. Bunga ini dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dan juga bisa digunakan untuk menenangkan bayi yang gelisah. Bukan hanya itu, dengan menghirup aroma lavender, Anda dapat meningkatkan kualitas tidur serta menurunkan tingkat stres dan kecemasan.

2. Chamomile

Selain dalam bentuk teh, ternyata kehadiran bunga chamomile secara utuh juga banyak manfaatnya. Ramuan herbal dari barat ini terkenal efektif untuk membantu relaksasi, tidur nyenyak, dan fungsi utamanya adalah untuk mengurangi kecemasan. Letakkan bunga ini di sebelah tempat tidur Anda, maka tidur Anda akan nyenyak dan tenang sepanjang malam setelah menghirup aroma segar dari bunga chamomile.

3. Melati

Bunga yang satu ini mungkin sudah familiar di Indonesia. Dengan wangi manisnya yang khas, bunga melati bukan hanya memanjakan indra penglihatan dan penciuman, tapi juga memiliki manfaat luar biasa. Memiliki tanaman melati di sekitar akan membantu Anda untuk merasa damai serta menjaga lingkungan Anda agar terasa segar dan membangkitkan pikiran positif.

4. Clematis

Sebagai simbol kecerdikan dan kedamaian mental, clematis dapat menjadi alternatif untuk menggantikan karangan bunga yang ada di ruang kerja atau rumah Anda. Sebab, bunga yang satu ini dapat memberikan dampak yang positif terhadap kesehatan mental Anda. Tanaman yang tumbuh secara merambat ini berfungsi untuk mendorong produktivitas serta menghadirkan rasa daman, tenang, dan tenteram.

5. Krisan

Tanaman dengan bunga berwarna cerah ini memang bermanfaat ketika dikonsumsi sebagai teh beraroma, tetapi manfaat lainnya ternyata jauh lebih besar. Bunga krisan atau chrysanthemum ternyata juga dikatakan dapat menurunkan tingkat stres dan kecemasan serta membantu meningkatkan metabolisme dan produktivitas. Bukan hanya itu, keindahan bunganya yang juga menjadi pemandangan yang memanjakan mata.