Share
Cetak Sejarah! Fadillah Arbi Aditama Jadi Pembalap Indonesia Pertama yang Raih Juara di JuniorGP
Dewi Anggriani Siregar
21 July 2023

Prestasi pembalap Indonesia di kancah balap dunia tampaknya semakin nyata.


Sebut saja Fadillah Arbi Aditama, pembalap asal Purworejo, Jawa Tengah, yang berhasil meraih podium pertama dalam gelaran FIM JuniorGP World Championship 2023 di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, pada Minggu (16/7/2023).

Fadillah Arbi Aditama menjuarai race 2 seri kelima dengan mencatat waktu 27 menit 52,626 detik untuk mengungguli rider Finenetwork Mir Racing Team, David Almansa dan pembalap Aspar Junior Team, Joel Esteban. Pria kelahiran Purworejo, Jawa Tengah pada 3 Juli 2005 ini mampu mengungguli para pembalap Eropa, terutama dari Spanyol dan Italia, yang selama ini dikenal sebagai pesaing kuat di ajang FIM JuniorGP.

Berkat kemenangannya ini, Arbi tidak hanya menjadi pembalap Indonesia pertama yang memenangkan FIM JuniorGP, tetapi juga menjadi pembalap Asia pertama yang meraih kemenangan di musim 2023. Selain membuat catatan penting dalam sejarah dunia otomotif Indonesia, kemenangannya ini sekaligus menambah 25 poin sebagai bekal untuk meningkatkan posisinya ke peringkat ke-16 dengan total 36 angka di klasemen.