Cari Ketenangan Jiwa dan Raga, Amanjiwo Tempat yang Tepat

Travel25 November 2020

By Listya Manopo

Cari Ketenangan Jiwa dan Raga, Amanjiwo Tempat yang Tepat

Berlokasi di dekat Candi Borobudur, salah satu situs warisan dunia yang diakui UNESCO, Amanjiwo adalah tempat destinasi premium yang mengedepankan konsep suaka abadi.


Atas undangan Amanjiwo, Editor in Chief majalah HighEnd Lysia Jessica mengunjungi dunia magis di dalam Amanjiwo yang menawarkan tempat beristirahat yang tenteram. Berada di tengah-tengah Bukit Menoreh dan Candi Borobudur, Amanjiwo merupakan tempat di mana Anda bisa menikmati surga dunia, di mana keinginan untuk menyendiri, keseimbangan jiwa dan raga, serta pengalaman kuliner pribadi yang otentik akan Anda dapatkan.

Banyak aktivitas yang dapat Anda nikmati di resor ini, dimulai dari perjalanan yang melatih kebugaran, aktivitas yang menyehatkan, dan banyak lagi yang akan menempa fisik, mental dan spiritualitas Anda. Para tamu dapat bersepeda ditemani pemandangan yang indah, serta trekking ke Bukit Menoreh, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, di mana jalurnya sudah diatur agar privasi dan kenyamanan Anda tetap terjaga. Jalur trek favorit melewati Selogriyo yang indah juga membawa Anda melihat sawah di tanah Jawa yang indah. Melengkapi perjalanan ini, Anda akan menemukan candi Hindu abad 8 yang dilatarbelakangi hamparan hijau.

Apabila para tamu berminat untuk mengeksplor di area sekitar, Amanjiwo akan mengatur perjalanan yang berfokus pada sejarah, kesenian dan kebudayaan daerah tersebut, ditemani oleh antropolog in-house Amanjiwo yang bernama Patrick Vanhoebrouck. Sudah bekerjasama sejak 2014, sekarang Patrick Vanhoebrouck adalah pekerja full time di Amanjiwo. Dilengkapi dengan pengetahuan luas dalam sejarah dan antropologi, dan juga pengalamannya tinggal 10 tahun di pulau Jawa, Patrick akan memperkaya ilmu para tamu dengan informasi akan candi Borobudur dan Prambanan, dan juga mengajarkan mereka tentang spiritualitas orang Jawa, dinasti bersejarah, literatur esoterik, penampilan tradisional dan pengalaman spiritual. Ia juga memberikan tur spiritual dan meditasi ritual Jawa di situs-situs arkeologi Jawa Tengah dari abad 8 ke abad 10, serta konsultasi penyembuhan secara lokal, perayaan bulan purnama dan paket-paket kesehatan dengan tradisi Jawa di resor ini.

Meditasi di Situs Suci

Tur ini didesain sebagai ziarah mini yang mencakup tiga sampai empat situs yang bertujuan mencari kedamaian jiwa, pemurnian energi jiwa dan raga, dan koneksi dengan energi leluhur. Dikurasi oleh Amanjiwo, beberapa jadwal bisa dipilih sesuai dengan preferensi sang tamu, dari pembersihan di Goa Kiskendo yang suci, sampai ke Candi Prambanan dan serangkaian candi-candi Buddha di sekitarnya yang mendemonstrasikan pentingnya jalur leluhur Siwa-Buddha Tantra. Partisipan akan dipandu dalam melalui serangkaian persembahan ritual dan meditasi kontemplatif dibantu oleh Bapak Sugeng, pemuka agama Siwa-Buddha Tantrik kontemporer.

Ritual Pembersihan Jawa Tolak Balak

Dalam sesi 90 menit ritual menghilangkan roh jahat, tamu-tamu diperkenalkan kepada berbagai macam filosofi dan teknik Jawa kuno yang berfokus pada proteksi dan pembersihan diri. Ini dimulai dengan menyebutkan mantra, dan dilanjutkan dengan serangkaian teknik pernafasan yang menuntun para tamu untuk masuk ke dalam sesi meditasi di mana mereka akan merasakan kedamaian dan mengintrospeksi diri. Ritual ini ditutup dengan meminum jamu, ramuan herbal lokal yang dibuat dari tanaman-tanaman obat. Sepulangnya dari sesi ini, para tamu akan merasakan kemurnian, keringanan dan pertambahan energi.

Retreat Kearifan Kuno Jawa

Selama tahun 2020, Amanjiwo menawarkan retreat ini kepada para tamu, terinspirasi dari kebudayaan Jawa yang kaya akan tradisi penyembuhan dan seremonial. Retreat tiga malam ini termasuk di dalamnya sebuah sesi dengan penyembuh Jawa, pengetahuan tentang spiritualitas Jawa oleh Patrick Vanhoebrouck dan kunjungan ke Candi Borobudur saat matahari terbit, yang terkenal memberikan pengalaman berharga dan membuka pikiran. Untuk yang mencari kontemplasi lebih dalam, meditasi semedi akan menenangkan dan membuat pikiran Anda lebih fokus, diikuti dengan perawatan spa yang termasuk di dalamnya pijat deep-tissue Jawa dan Aman Signature Massage Ritual.

Pengalaman Kuliner Pribadi

Dilatar belakangi pemandangan indah, serangkaian baru pengalaman kuliner pribadi diperkenalkan oleh Amanjiwo, yang menggunakan bahan-bahan dari daerah sekitar, dan juga dari kebun organik resor ini. Pengalaman yang akan selalu anda ingat ini akan membuat para tamu terbiasa berada dengan orang lain, seperti Piknik Progo, sarapan atau makan siang lezat di samping Sungai Progo, atau Ramayana Royal Feast, makan malam di Dalem Jiwo Suite di mana tamu akan disapa oleh tari tradisional dari Ramayana Ballet, penampilan musik dan makanan-makanan yang disajikan di Kraton, istana Sultan Yogyakarta, sampai ke Gubuk Sawah Private Candlelit Dinner, pengalaman makan malam pribadi di tengah sawah ditemani oleh matahari terbenam, musik gamelan dan makanan tradisional Indonesia.

BACA JUGA: 4 Destinasi Wisata di Eropa yang Lebih Romantis dari Paris