Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Buah-Buahan ini Dapat Tingkatkan Imun untuk Cegah Covid-19

Wellness10 August 2021

By Clara E.B Sagala

Buah-Buahan ini Dapat Tingkatkan Imun untuk Cegah Covid-19

Menjaga kesehatan dan meningkatkan imun tubuh dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi untuk perangi Covid-19.


Kesehatan tubuh adalah hal yang penting, terutama dalam menghadapi pandemi global Covid-19. Maka dari itu memiliki sistem kekebalan tubuh yang prima menjadi senjata perang utama dalam melawan virus yang masuk ke dalam tubuh. Dalam membentuk sistem imun yang kuat diperlukan asupan makanan penambah imun dengan kandungan vitamin C yang tinggi.

Zat penambah imun terbesar bagi tubuh manusia adalah vitamin C. Namun vitamin C tidak dapat diproduksi oleh tubuh, maka perlu konsumsi cukup makanan yang mengandung vitamin C agar daya tahan tubuh terjaga. Berikut contoh buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

1. Jambu Biji Merah

Tidak disangka, bahwa jambu biji memiliki kandungan vitamin C tertinggi dari semua buah yang dikenal memiliki vitamin C. Setiap 100 gram jambu biji terkandung 228,3 mg vitamin C. Oleh karena itu, buah jambu biji sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dalam meningkatkan imun dan baik untuk masa pemulihan setelah sakit maupun pasca menderita Covid-19.

2. Kiwi

Kiwi memiliki kandungan vitamin C sebanyak 92,7 mg dalam 100 gram buahnya. Buah asal New Zealand ini memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih banyak dari jeruk. Kiwi wajib dikonsumsi saat pandemi Covid-19 semakin merebak demi memperkuat imun tubuh

3. Pepaya

Lebih dikenal sebagai buah yang dapat melancarkan saluran pencernaan, Pepaya ternyata memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Di dalam 100 gram buah pepaya memiliki kurang lebih 69 mg vitamin C. Tidak hanya itu buah pepaya juga kaya akan vitamin A yang akan mempercantik kulit serta mata Anda.

4. Strawberry

Buah cantik satu ini terkenal dengan serat dan kandungan antioksidannya yang tinggi serta bermanfaat untuk kecantikan. Tidak disangka, strawberry memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk yaitu dengan kandungan 58 mg dalam setiap 100 gram buah strawberry. Strawberry dapat menjadi immune booster dan melindungi tubuh terhadap virus dan radikal bebas.

5. Jeruk

Buah yang erat kaitannya dengan vitamin C adalah jeruk. Di dalam 100 gram buah jeruk terdapat 53 mg vitamin C. Kandungan vitamin C tersebut tidak hanya spesifik ada di dalam satu jenis jeruk, namun hampir di semua jenis jeruk, seperti jeruk nipis, lemon, ataupun jeruk mandarin. Selain harganya yang terjangkau, tersedia dalam jumlah banyak, serta jenisnya yang beragam, hal tersebut yang membuat jeruk menjadi salah satu buah favorit untuk semua orang. Vitamin C pada jeruk sangat diperlukan tubuh untuk menangkal masuknya virus di dalam tubuh.