Share
Berperan Sebagai Antioksidan, ini Manfaat Kemiri yang Bisa Atasi Berbagai Permasalahan Rambut
Dewi Anggriani Siregar
22 March 2022

Kemiri adalah salah satu jenis rempah yang kaya akan berbagai kandungan. Selain sangat dibutuhkan dalam hal perbumbuan, kemiri ternyata juga menyimpan segudang khasiat yang baik untuk tubuh.


Dikenal dengan nama latin aleurites moluccana, kemiri ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun juga untuk kesehatan kulit dan rambut. Berikut beberapa manfaat dari kandungan minyak kemiri untuk rambut.

Atasi Rambut Bercabang

Kemiri memiliki kandungan asam linoleat dan linolenat yang baik dan berfungsi untuk melapisi, menutrisi, dan melembapkan rambut, bahkan memperbaiki masalah rambut bercabang.

Melembabkan Rambut

Asam lemak dan asam amino yang terkandung dalam minyak kemiri dipercaya mampu membuat rambut dan kulit kelapa jauh lebih lembab dan ternutrisi.

Atasi Rambut Rontok

Diketahui bahwa minyak kemiri juga mengandung vitamin C dan E yang kaya akan antioksidan yang dapat menutrisi rambut dan meningkatkan sirkulasi serta mencegah zak kimia dan radikal bebas yang menjadi penyebab rambut rontok.

Mencegah Ketombe

Ketombe merupakan permasalahan umum semua orang yang masih sulit untuk diatasi. Minyak kemiri dengan sifat antimikroba-nya dapat menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Menyuburkan Rambut

Minyak kemiri juga dapat digunakan untuk menangani kebotakan dan menyuburkan rambut. Khasiat yang terkandung di dalam minyak kemiri dapat merangsang pertumbuhan rambut yang beru.

Menyehatkan Rambut

Minyak kemiri dapat membuat rambut lebih sehat dan berkilau. Penggunaan minyak kemiri secara konsisten dapat membuat rambut jauh lebih sehat dan kembali hitam setelah kerusakan warna dan struktur yang disebabkan oleh paparan angin dan sinar matahari.

BACA JUGA: 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui