Share
5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui
Dewi Anggriani Siregar
21 March 2022

Minyak kelapa adalah minyak yang diekstrak dari kelapa murni yang masih segar lalu kemudian diolah menjadi minyak. Minyak kelapa sendiri memiliki sejumlah manfaat dan kegunaan, salah satunya bagi kesehatan dan kecantikan.


Minyak kelapa memiliki 2 kandungan utama yang baik, yakni asam lemak jenuh, dan yang asam lemak tak jenuh. Asam lemak jenuh terdiri dari asam laurat, asam miristat, dan palmitat yang memiliki manfaat baik bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat lain dari minyak kelapa yang baik untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Minyak kelapa murni memiliki kandungan lemak sehat lauric acid , caprylic acid dan, capris acid yang berfungsi sebagai antijamur, antivirus, dan antibakteri yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, apalagi di masa pandemi seperti saat ini.

2. Meningkatkan Metabolisme

Minyak kelapa dapat merangsang metabolisme dan mencegah penumpukan lemak serta dapat membantu untuk mengurangi rasa lapar.

3. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Salah satu manfaat utama dari minyak kelapa adalah mampu menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

4. Baik untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Manfaat lain dari minyak kelapa adalah untuk kecantikan di mana kandungan dari minyak kelapa ini sangat baik untuk merawat kesehatan kulit dan rambut. Hal ini dikarenakan minyak kelapa mengandung asam laurat dan lebih mudah diserap oleh akar rambut.

Sementara untuk kesehatan kulit, minyak kelapa berperan sebagai kandungan yang dapat menutrisi dan melembabkan kulit. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki senyawa antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan kulit, seperti jerawat.

5. Sumber Antioksidan

Minyak kelapa adalah salah satu sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan adalah senyawa yang baik untuk mencegah tubuh dari radikal bebas. Apabila kebutuhan antioksidan kita terpenuhi, maka berbagai gangguan kesehatan seperti stres, penuaan dini, penyakit kanker, hingga peradangan sendi pun dapat dicegah.