8 Pilihan Wisata Pantai Selatan Pulau Jawa yang Cantik dan Sepi

Travel07 September 2020

By Vanya Gabriela

8 Pilihan Wisata Pantai Selatan Pulau Jawa yang Cantik dan Sepi

Pada masa pandemi seperti ini, apakah kita masih bisa berlibur? Beberapa pantai di jalur pantai selatan Pulau Jawa yang masih sepi dapat menjadi pilihan yang bagus untuk dikunjungi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.


Pada masa pandemi seperti ini, road trip dapat menjadi salah satu pilihan berlibur yang aman dan menyenangkan. Setelah diluncurkannya tol Trans Jawa di sepanjang Pulau Jawa, ada beberapa tujuan perjalanan darat yang kini bisa dijangkau. Jalan Trans Jawa terdiri dari dua jalur utama, yaitu Jalur Utara (PANTURA) dan Jalur Selatan (PANSELA). Mereka yang memilih road trip di jalur selatan Jawa akan melewati kota-kota yang terbentang dari Serang, Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

Berikut adalah beberapa perhentian pantai yang menarik untuk dipilih:

1. Pantai Anyer

Terletak di Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Pantai Anyer hanya berjarak 120km dari Jakarta atau sekitar dua jam berkendara. Pantai Anyer memiliki banyak resor dan hotel menarik di sepanjang pantai. Di sini, pengunjung dapat menikmati aktivitas air seperti menyelam, jet ski, speed boat, para-sailing, dan olahraga air yang menyenangkan lainnya.

Pantai Anyer

2. Pantai Tanjung Lesung

Setelah Serang, kita dapat melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Pandeglang, Banten. Destinasi utama dari daerah ini adalah Pantai Tanjung Lesung yang menawarkan pantai yang menawan, terumbu karang, dan pemandangan yang memukau. Pantai ini dikembangkan menjadi Destinasi Wisata Internasional. Pantai Tanjung Lesung ini juga menjadi pintu masuk bagi wisatawan yang berencana mengunjungi Taman Nasional Ujung Kulon.


Tanjung Lesung

3. Taman Nasional Ujung Kulon

Ujung Kulon yang diterjemahkan sebagai Ujung Barat atau Titik Barat, merupakan taman nasional pertama di Indonesia yang diusulkan dan dinyatakan sebagai UNESCO World Heritage Site di tahun 1991 karena memiliki hutan hujan terbesar di Pulau Jawa. Pada tahun 2005, taman ini ditetapkan sebagai ASEAN Heritage Park. Di Taman Nasional Ujung Kulon ini, Anda masih dapat menemukan beberapa spesies tumbuhan dan hewan yang terancam punah.


Ujung Kulon

4. Pantai Menganti

Dari bagian barat, kita menuju ke arah tengah pulau Jawa. Pantai Menganti terletak di daerah Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini terdiri dari hamparan pasir putih dengan tebing karst di sekitarnya. Anda dapat beristirahat sejenak menghirup udara segar sambil menikmati indahnya perbukitan hijau yang menawan.


Pantai Menganti


5. Pantai Teluk Asmoro

Perjalanan kita lanjutkan menuju Kabupaten Malang, Jawa Timur di mana terdapat cukup banyak pantai yang menarik untuk dijelajahi. Salah satunya yaitu Pantai Teluk Asmoro. Pantai berpasir putih ini terkenal karena keindahannya yang menyerupai Pantai Raja Ampat (Papua Barat), karena dikelilingi oleh gugusan pulau-pulau kecil di sekitar pantai dan air laut yang sangat jernih. Pengunjung dapat menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam di selatan pulau Jawa di Pantai Teluk Asmoro.


Teluk Asmoro

6. Pantai Banyu Meneng

Pantai ini terletak di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Istilah 'Banyu Meneng' berasal dari bahasa Jawa yang berarti 'Air Tenang', sehingga pengunjung dapat menikmati bermain air dengan nyaman. Angin sejuk dan pepohonan di sepanjang pantai membantu pengunjung berteduh dan bersantai sambil menikmati pemandangan.


Bnayu Meneng

7. Pantai Pulau Merah

Mendekati tujuan akhir perjalanan darat di jalur selatan Trans Jawa adalah Kabupaten Banyuwangi. Salah satu pantai yang terkenal di daerah ini yaitu Pantai Pulau Merah. Pantai ini awalnya dikenal dengan nama Ringin Pitu. Penduduk setempat menamakannya Pulau Merah karena warna tanah dan pasirnya yang kemerahan. Terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggrahan ke arah selatan Banyuwangi, pantai ini menjadi tuan rumah Kejuaraan Selancar Internasional yang diikuti oleh peselancar dari lebih dari 20 negara di seluruh dunia pada tahun 2013.


Pulau Merah


8. Pantai Plengkung

Surga peselancar lainnya adalah Pantai Plengkung atau G-Land yang terletak di dalam Taman Nasional Alas Purwo. Pantai ini dikenal sebagai salah satu pantai selancar terbaik di dunia. Pantai Plengkung mendapat julukan “Seven Giant Waves Wonder”, di mana ombaknya bisa menggulung hingga tujuh gulungan dengan tinggi mencapai lebih dari enam meter. Selain berselancar, pengunjung dapat menikmati aktivitas pantai di sepanjang pantai dan menikmati pemandangan yang menakjubkan.


Pantai Plengkung