Beberapa Hal Unik dari Kota Pacitan, Kota 1001 Goa di Bagian Timur Pulau Jawa

Travel24 August 2021

By Rambu Moara

Beberapa Hal Unik dari Kota Pacitan, Kota 1001 Goa di Bagian Timur Pulau Jawa

Lagi-lagi Indonesia tidak berhenti menarik perhatian siapapun dengan keindahan alamnya. Selain dikenal sebagai Kota 1001 Goa dan merupakan ‘Bumi Kelahiran SBY’, Pacitan juga menjadi salah satu tempat wisata yang wajib Anda ketahui keunikannya.


Pacitan adalah salah satu kabupaten yang tepatnya terletak di bagian selatan barat daya Jawa Timur. Selain memiliki tempat wisata yang indah, Pacitan juga memiliki segudang keunikkan di dalamnya. Berikut HighEnd rampung empat fakta unik mengenai kota Pacitan.

Batu Akik Khas Pacitan

Sempat menjadi incaran warga lokal dan turis karena keindahannya pada tahun 2015, salah satu tempat asal batu akik yang mewah dan mahal adalah dari Pacitan. Red Brown adalah jenis batu akik dari Pacitan yang paling mahal dan dibandrol dengan harga Rp 35 Juta.

Sebenarnya batu ini mulai melejit ketika Mantan Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiahi Barack Obama batu akik asal Pacitan. Setelah kabar ini tersiar, masyarakat mulai berbondong-bondong mencari batu akik yang motifnya mirip dengan hadiah kepada Barack Obama tersebut.

Surga bagi Para Pecinta Surfing

Wisata air memang selalu menjadi tujuan utama pelancong ketika pergi ke suatu daerah, tidak terkecuali Pacitan. Di kota ini terdapat tempat surfing yang sangat digemari wisatawan yaitu pantai Watukarung. Lebih ekstrim dari pantai Serau dan pantai Pacer, Watukarung memiliki ombak yang lebih tinggi dan ganas. Ditambah dengan bentuk ombak yang datang adalah ombak barrel atau ombak yang bergulung-gulung menyerupai terowongan. Meski letaknya lebih jauh dari pantai lain, hal ini tidak menggoyahkan keinginan turis mancanegara untuk mencobanya ketika datang berwisata ke Pacitan.

Kota 1001 Goa dan Stalatik

Tidak hanya terkenal karena tempat wisata airnya, Pacitan juga dikenal dengan kota 1001 Goa. Ini dibuktikan dari jumlah goa yang mencapai 105 yang dilansir dari website resmi kota Pacitan. Salah satu goa yang terkenal akan keindahannya adalah Goa Gong. Masyarakat menamai tempat ini ‘Gong’ karena sering mendengar suara gong yang menggema dari dalamnya.

Jika banyak orang berpikiran bahwa tempat ini mengerikan karena sunyi dan gelap, maka opini tersebut bisa dipatahkan oleh Gua Gong. Tidak seperti tempat uji nyali, Goa Gong sudah diberi lampu hias warna-warni agar menambah keindahan dalamnya. Bahkan, tempat ini dijuluki goa stalaktit terindah se Asia Tenggara.

Gua ini terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung dengan jarak tempuh 37 km arah barat dari kota Pacitan.

BACA JUGA: Bukan Sekedar Penikmat Seni, 4 Pemimpin Dunia Ini Juga Menciptakan Seni

SBY Melukis Pantai Klayar

Sebagai salah satu orang asli Pacitan, Mantan Presiden ke-enam RI pun selalu mengagumi tanah kelahirannya tersebut. Ia pun mengabadikan lanskap pantai Klayar Pacitan melalui lukisan yang ia buat baru-baru ini. Lukisan tersebut menuai banyak pujian masyarakat. Selain karena dilukis oleh seorang politisi sekaligus penikmat seni di Indonesia, Pantai Klayar memang memiliki pemandangan yang Indah sehingga menghasilkan sebuah lukisan pemandangan yang indah.