Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Beauty 101: Hal Mendasar yang Perlu Diketahui Tentang Sunscreen

Beauty15 October 2021

By Rambu Moara

Beauty 101: Hal Mendasar yang Perlu Diketahui Tentang Sunscreen

Sunscreen penting untuk menghindarkan kulit dari sunburn karena memantulkan kembali sinar tersebut dari kulit.


Banyak dari kita hanya mengetahui penggunaan sunscreen atau tabir surya sebagai bentuk menjaga kulit dari sinar matahari. Tetapi sebenarnya seburuk apa sinar matahari terhadap kulit? Mengapa harus selalu menggunakan tabir surya bahkan saat tidak berada di luar ruangan?

Sinar matahari (ultra violet) merupakan bentuk radiasi elektromagnetik dari sinar matahari. Sains menyatakan ada 3 jenis sinar matahari yaitu UVA, UVB dan UVC. Tetapi sinar matahari yang berhasil menembus dinding atmosfer hanyalah 2 jenis yaitu UVA dan UVB. Jelas, 2 jenis ini memiliki pengaruh yang buruk pada kulit dan dapat ditangkal dengan tabir surya. Berikut HighEnd berikan penjelasan lebih lengkap.

Pentingnya Memakai Sunscreen

Pengaruh buruk pada kulit tanpa proteksi adalah mutasi genetik pada sel kulit, radiasi tingkat tinggi, mempercepat tanda penuaan, sunburn, perubahan warna kulit dan tentu saja kanker kulit. Penggunaan tabir surya sangatlah penting karena menjaga kulit Anda. Meski tidak 100% menjamin Anda bebas masalah kulit, pemakain setiap dari dan re-apply dapat menghindarkan bahaya tersebut setidaknya 50%.

Penggunaan tabir surya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dengan melihat indikator SPF dan PA. Jika Anda sering beraktivitas luar ruangan, gunakan tabir surya dengan SPF 50 dan PA++++ karena SPF 50 dapat menangkal UVB 98% dan PA++++ dapat menangkal UVA dan re-apply setiap 30-45 menit. Namun jika Anda berada di dalam ruangan, Anda bisa menggunakan tabir surya dengan SPF 30 dan PA+++.

Chemical vs Physical Sunscreen

Berdasarkan bahan penyusun dan cara kerjanya, tabir surya dibagi menjadi 2 jenis yaitu chemical dan physical sunscreen. Chemical pada dasarnya melibatkan bahan kimia sementara physical menggunakan mineral addictive seperti zink dan titanium. Saat pemakaian pada kulit, tabir surya dengan bahan kimia langsung menyerap sementara physical hanya menempel pada kulit.

Perbedaan lain yang tidak terlihat namun bisa dirasakan dari cara kerja keduanya yang mana tabir surya chemical bekerja dengan cara mengkonversi sinar UV dalam bentuk panas di kulit sementara tabir surya physical yang membentuk lapisan tadi akan memantulkan sinar UV tersebut.

Tekstur Sunscreen

Berdasarkan bentuknya, tabir surya memiliki 3 jenis yaitu tabir surya krim atau lotion, batang, dan spray, hingga gel. Masing-masing tekstur memiliki fungsinya. Misalnya tabir surya dengan jenis spray lebih cocok digunakan sebagai touch up, tekstur krim atau lotion lebih cocok sebagai base make-up sementara gel lebih cocok diaplikasikan ke kulit yang berbulu halus.