5 Trik Diet Mudah untuk Jaga Berat Badan Ideal Selama di Rumah

Wine & Dine16 April 2020

By Larasati Oetomo

5 Trik Diet Mudah untuk Jaga Berat Badan Ideal Selama di Rumah

Meskipun mencoba rutin berolahraga di rumah, penurunan aktivitas fisik selama karantina di rumah acap tidak terelakkan.


Jadwal, porsi, dan nutrisi makanan yang Anda konsumsi selama karantina di rumah memang cenderung tidak terkontrol. Ada kalanya Anda mudah tergoda pesan antar fast food, menyemil akibat bosan atau selagi menonton serial teve, atau mencoba resep-resep baru dengan porsi yang berlebih. Lama-kelamaan, Anda mulai cemas akan berat badan Anda.

Padahal, bertahan di rumah adalah saat yang tepat untuk memulai dan mempertahankan diet detoks dengan godaan minimal. Diet detoks pun tidak serumit kedengarannya. 4 tip mudah di bawah ini dapat membantu Anda menjaga berat badan ideal selama di rumah:

Banyak Minum Air Mineral

Perbanyak minum air mineral dan hindari minuman berkalori tinggi, alkohol, dan minuman berasa lainnya yang mengandung pemanis alami ataupun buatan. Tips: jika ingin menambahkan rasa pada air, tambahkan buah segar seperti lemon, berries, potongan jeruk, atau mentimun. Infused water menjadi alternatif untuk yang juga membawa banyak nutrisi baik bagi tubuh, terutama ketika dikonsumsi setelah bangun tidur. Kalaupun Anda ingin alternatif, pilihlah teh hijau atau kopi segar tanpa tambahan kalori.


Hindari Karbohidrat Tidak Sehat

Saatnya menghindari karbohidrat yang telah diproses seperti pasta, nasi putih, pizza dan roti. Anda dapat membatasi konsumsi makanan tersebut hanya sekali sehari. Pilihlah alternatif yang lebih sehat seperti nasi merah, roti gandum, dan ubi. Mulai untuk menyusun menu yang terdiri dari protein lengkap seperti telur, seafood, daging sapi, ikan, dan kacang-kacangan yang dilengkapi dengan sayuran kukus atau mentah.

Dibanding Vitamin Pil, Belilah Sayur dan Buah

Hindari sumber vitamin sintetis dan berpindah ke pilihan yang lebih sehat seperti jus buah dan sayuran hijau. Jus buah akan memberikan nutrisi bagi tubuh dan energi untuk siap menjalani kegiatan sehari-hari. Selain itu, Anda dapat membantu pedagang buah dan sayur kecil yang kehilangan pemasukan selama pandemi berlangsung. Pilihan lain adalah acai bowl dengan buah-buahan segar. Menu yang penuh nutrisi ini dilengkapi dengan antioksidan, asam amino, dan asam lemak yang menambahkan energi, daya tahan tubuh, metabolisme tubuh, dan memberikan nutrisi bagi rambut dan kulit.

Jauhi Garam dan Saus

Hindari menaburkan garam atau saus lainnya ke dalam makanan. Banyak bumbu atau perasa seperti saus barbecue, salad dressing, atau saus tomat yang memiliki kandungan gula dan sodium yang banyak—dalam jumlah kalori yang besar pula. Alternatif yang lebih sehat adalah dengan menambahkan rempah-rempah untuk menambahkan rasa pada makanan.

Waktunya Cemilan

Penuhi keinginan untuk mengonsumsi makanan ringan dengan memilih buah-buahan segar, berondong jagung, atau dark chocolate. Baiknya, hindari kue, keripik, atau kukis yang hanya akan memberikan kalori, gula, dan lemak yang tidak dibutuhkan.