Share
4 Resep Lulur dan Jamu Tradisional Alami untuk Memanjakan Diri di Rumah
Larasati Oetomo
02 April 2020

Selama berada di rumah, Anda mungkin rindu untuk memanjakan diri di spa atau salon. Kali ini, mari kita mencoba membuat sendiri lulur, masker, hingga jamu tradisional yang kaya manfaat.


Tim HighEnd mengujikan sendiri resep-resep di bawah ini dengan perhitungan tepat. Apa saja?

MASKER WAJAH OATMEAL

BAHAN:

Oatmeal 3 sdm
Susu Segar 2 sdm
Madu ½ sdm
Kunyit Bubuk ½ sdm
Lemon beberapa tetes

CARA MEMBUAT

1. Dalam mangkuk, campur oatmeal kering dengan susu segar sampai membentuk konsistensi seperti pasta. 2. Tambahkan madu, aduk rata 3. Tambahkan kunyit, aduk rata 4. Tambahkan beberapa tetes lemon, campur merata

CARA MEMAKAI

Ratakan adonan masker dengan kuas bersih yang telah dilembabkan ke seluruh wajah, lalu keringkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air dingin.

MASKER RAMBUT YOGURT

BAHAN:

Yogurt Segar (unsweetened) 3 sdm
Pisang 1/3 buah, lumat dengan sendok
Minyak kelapa 1 sdm
Madu 1 sdm
Kayu Manis Bubuk ½ sdm

CARA MEMBUAT:

1. Dalam mangkuk, campur yogurt dan pisang yang telah Anda lumat 2. Tambahkan minyak kelapa dan madu ke dalam adonan, lalu aduk merata 3. Tambahkan kayu manis bubuk, aduk hingga tercampur.

CARA MEMAKAI: Ratakan adonan dari bagian tengah hingga ujung rambut, diamkan selama 30 menit, lalu bilas bersih dengan air. Gunakan sampo bila perlu.

BODY SCRUB KOPI

BAHAN:

Kopi bubuk 5 sdm
Madu 4 sdm
Minyak kelapa ½ sdm
Kayu manis bubuk 1 ½ sdm
Gula kastor 2 sdm

CARA MEMBUAT:

1. Dalam mangkuk, campur kopi bubuk dengan madu hingga mencapai konsistensi pasta yang kental 2. Tambahkan minyak kelapa, kayu manis bubuk, dan gula kastor, lalu aduk merata.

CARA MEMAKAI: Ratakan adonan ke permukaan kulit tubuh dan scrub secara lembut. Biarkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih.

JAMU KUNYIT

BAHAN:

Kunyit 500 gram
Gula aren 250 gram
Asam jawa 500 gram
Air mineral 2 liter
Garam Secukupnya

CARA MEMBUAT:

1. Bilas kunyit, lalu parut menggunakan parutan manual atau blender 2. Saring kunyit yang telah diparut dan ambil cairannya 3. Campur cairan tersebut ke dalam panci bersama asam jawa, gula aren, air, dan sedikit garam 4. Rebus larutan sambil sesekali diaduk 5. Saring larutan ke dalam wadah.

CARA MENGONSUMSI: Segera minum atau masukkan ke dalam kulkas untuk konsumsi selanjutnya.

FOTO Rudi Sulistya & Febi Ramdhan